0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Polresta Solo Bongkar LC Fiktif, 1 Tersangka Masih Diburu

Ilustrasi (dok.timlo.net/agung)

Solo — Jajaran Polresta Solo berhasil mengungkap pemalsuan Letter Of Credit (LC) dengan kerugian Rp 5,3 miliar dengan menangkap Dodit Darmawan Anindito (40) dan Helmy Budiyanto (43) di Jakarta, Rabu (1/5). Kedua tersangka ini ditangkap secara terpisah.

“Kasus pemalsuan dokumen LC ini, dapat diungkap setelah ada laporan dari perusahaan tekstil PT Sari Warna di Pucangsawit, Jebres beberapa waktu lalu,” ujar Kapolresta Solo, Kombes Pol Asdjima’in melalui Kasat Reskrim Polresta Solo, Kompol Rudy Hartono, Jum’at (3/5) siang.

Menurut Rudy, modus yang digunakan tersangka yakni dengan memalsukan tanda tangan Presiden Direktur PT Sari Warna agar surat berharga berupa LC dapat dicairkan. Berbekal dokumen LC fiktif yang dibuat Dodit tersebut, uang Rp 5,3 miliar milik PT Sari Warna dapat dicairkan di salah satu bank di Solo.

“Uang tersebut kemudian ditransfer ke perusahaan milik Helmy di Jakarta sesuai alamat LC yang dituju. Setelah menerima transfer uang, Helmy kemudian menginvestasikan uang tersebut ke sebuah perusahaan konstruksi,” jelas Rudy Hartono.

Hingga saat ini kasus tersebut masih dikembangkan oleh pihak kepolisian, diduga masih ada satu tersangka lagi yang diduga terlibat.

”Kita masih memburu satu tersangka lagi  yang sudah teridentifikasi,” ujar mantan Kasat Reskrim Polres Klaten ini.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge