0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Kualitas Perguruan Tinggi Ditentukan Peringkat Akreditasi

(foto: Tyo Eka)

Solo – Koordinator Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah, DYP Sugiharto menyatakan, kualitas dan lulusan perguruan tinggi (PT) tidak ditentukan oleh status negeri atau swasta. Namun ditentukan oleh peringkat akreditasinya.

“Hal itu sesuai Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi,” ujar Sugiharto saat bertemu wartawan seusai acara Dies Natalis ke-38 di Kampus Unisri, Solo, Sabtu (23/6).

Dia, regulasi tidak membedakan perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS). Baik PTN dan PTS, program studi maupun instansinya diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

“Artinya, kualitas semua prodi PTS sama dengan PTN lainnya. Maknanya, lebih baik dengan akreditasi A meskipun di PTS,” ujarnya.

Para lulusan PTS, menurut Sugiharto, punya kualitas yang sama dengan lulusan PTN. Harapannya, para lulusan PTS percaya diri masuk ke dunia kerja. Karena kompetisi di dunia kerja tidak memberi ruang bagi mereka yang tidak percaya diri.

Sementara itu, berdasarkan data statistik, kata Sugiharto, sebanyak 5.070 lulusan PT masih dalam posisi dan status sebagai pengangguran. Artinya, tidak semua lulusan PT di Indonesia mampu menang dalam bersaing di dunia kerja.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge