0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pemudik Lewat Solo Turun 11 Persen

Penumpang mudik lebaran di Terminal Tirtonadi, Solo (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo – Jumlah kendaraan pemudik yang memasuki Kota Solo hingga Rabu (13/6) atau H-2 Lebaran menurun hingga 11,45 persen dibanding tahun lalu pada periode yang sama. Angka tersebut didapat dari data traffic counting (penghitungan kendaraan bermotor) yang dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub) di pintu-pintu keluar masuk Kota Solo sejak H-7 Lebaran.

“Memang ada tren menurun dibanding tahun lalu,” kata Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kota Solo, Ari Wibowo kepada Timlo.net, Kamis (14/6).

Dari data yang dirilis Dishub, hingga H-2 Lebaran, jumlah kendaraan bermotor keluar masuk Kota Solo mencapai 2.666.955 unit. Angka tersebut menurun dibanding tahun lalu yang mencapai 3.011.931 unit. Atau selisih 344.976 unit kendaraan.

Dampaknya, lalu lintas di Solo cenderung lengang dibanding lebaran tahun lalu.

“Lalu lintas terpantau landai. Tidak ada peningkatan signifikan. Kalaupun ada kepadatan hanya di pusat-pusat perbelanjaan,” kata Ari.

Hal senada disampaikan Kepala Seksi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas (MRLL) Bidang Lalu Lintas Dishub Solo, Mudo Laskito. Ia mengatakan kemacetan di beberapa titik di Solo disebabkan oleh adanya proyek pembangunan Overpass Manahan yang mengharuskan perlintasan kereta api Manahan ditutup total.

Beban lalu lintas dari perlintasan kereta tersebut terpaksa dialihkan ke perlintasan kereta api lain yaitu Purwosari, Pasar Nongko, dan Gilingan.

“Ditambah lagi frekuensi kereta api selama lebaran meningkat. Jadi ya kemacetannya otomatis semakin panjang,” terangnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge