0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Dituding Ganggu Kelancaran Mudik, Pasar Tumpah Disorot

Lalu lintas di kawasan Pasar Nongko, Solo (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo — Keberadaan pasar tumpah di beberapa kawasan di Solo dituding menjadi salah satu penyumbang kemacetan saat arus mudik dan balik Lebaran. Keberadaan pedagang yang nekat menggelar barang dagangannya di depan pasar itu diwaspadai oleh Dinas Perdagangan dengan membentuk tim khusus.

“Kita pantau terus hingga H+7 nanti, keberadaan pasar tumpah ini. Ada tim yang kita terjunkan untuk menata dan menggelar operasi. Surat tugas untuk tim juga sudah ada,” ungkap Kabid PKL Disdag Solo, Didik Anggono, Kamis (14/6).

Didik mengatakan, operasi pengawasan yang digelar ini disesuaikan dengan jam operasional pasar. Operasi ini akan menindak pedagang yang nekat menggunakan badan jalan untuk berjualan.

“Contoh, Pasar Harjodaksino, itu sejak pagi sekitar jam 3 pagi itu sudah ada petugas memantau keberadaan PKL. Beda lagi dengan pasar Mojosongo misalnya, disana mungkin jam 5 pagi,” kata dia.

Petugas yang diterjunkan juga berkoordinasi dengan Satpol PP untuk melakukan penindakan, jika mendapati pedagang yang ngeyel.

“Satpol PP juga sudah siap. Dishub juga sudah siap. Pasar tumpah ini kan biasanya cuma dadakan saja, tapi tetap kita waspadai, agar tidak menganggu kelancaran arus mudik,” katanya.

Lokasi-lokasi yang diwaspadai terjadi pasar tumpah diantaranya adalah Pasar Mojosongo, Pasar Nusukan, Pasar Harjodaksino, Pasar Kleco, Pasar Kembang, dan Pasar Legi.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge