0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pilgub Jateng

Sortir Surat Suara, Ternyata Banyak yang Rusak

Proses penyortiran dan pelipatan surat suara Pilgub mendapat penjagaan dari petugas Polres Boyolali (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Hari keempat atau hari terakhir proses sortir dan pelipatan surat suara Pilgub Jateng, terdapat 954 lembar rusak. Surat suara yang rusak kemudian dikembalikan ke KPU Provinsi Jateng untuk kemudian ditukar. KPU sendiri memprediksi surat suara yang rusak tidak sampai seribu lima ratus.

“Kemungkinan hanya seribuan yang rusak,tapi langsung kita tukar dan diganti yang baru,” kata Ketua KPU Boyolali, Siswadi Sapto Hardjono, Jumat (25/5).

Temuan surat suara yang rusak, lanjut Siswadi, seperti gambar calon buram, noda tinda, robek dan terdapat lubang kecil di gambar calon.

“Makanya kita lakukan sortir sebelum dilipat, untuk menghindari kerusakan,” tambahnya.

Penyortiran dan pelipatan surat suara melibatkan 85 orang dan dimulai sejak Selasa kemarin di gedung tennis indoor Jl Perintis Kemerdekaan Boyolali. Selain surat suara, saat ini yang sudah tersedia, kotak suara, bilik suara, tinta, formulir dan hologram.

“Untuk logistik ATK, alat dan alas coblos, template, sampul dan gembok, saat ini masih dalam proses pengadaan,” tambahnya.

Pihaknya menargetkan sebelum Lebaran, seluruh logistik sudah siap, termasuk pengesetan dan pengepakan ke dalam kotak suara. Hanya saja, untuk distribusi logistik ke PPK, PPS dan TPS, baru akan dilakukan setelah Lebaran.

“Setelah Lebaran kita distribusikan, biar tidak terlalu lama di PPK, PPS dan KPPS, tidak terlalu membebani mereka,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge