0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Diduga Lupa Matikan Kompor, Rumah Kontrakan Hangus Jadi Arang

Petugas, Tima SAR dan warga memadamkan api yang membakar rumah kontrakan (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Sebuah rumah  kontrakan yang ditempati warga Duwet Lor  RT3/RW16 Desa/Kecamatan Baturetno, Wonogiri, Janu Priantoro (33) ludes dilalap si jago merah. Beruntung saat kejadian pemilik rumah tengah pergi, kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

“Rumah itu dulunya milik almarhum Siti Umartini. Saat ini dikontrak Janu Prianto beserta istrinya. Saat kejadian, Pasutri ini pergi ke pasar,” ungkap Kapolsek Baturetno mewakili Kapolres Wonogiri AKBP Robertho Pardede, Jumat (25/5).

Dari informasi yang berhasil dihimpun, Janu saat kejadian  mengantar anaknya sekolah, sedang istrinya berjualan di Pasar Bung Karno Baturetno. Sekitar pukul 07.30 WIB sejumlah warga mengetahui api sudah melahap seluruh bangunan rumah yang terbuat dari kayu dan bambu itu. Oleh warga, dengan alat seadanya diupayakan pemadaman, lantaran dikhawatirkan api menjalar ke rumah yang berada di sekitarnya. Selanjutnya peristiwa tersebut dilaporkan ke Mapolsek Baturetno.

“Diduga titik api kali pertama membesar dari bagian dapur rumah yang dikontrak buruh di warung bakso itu,” paparnya.

Kobaran api semakin menggila sehingga warga tidak berani melakukan penyelamatan. AKP Subroto menyatakan, penyebeb kebakaran diduga berasal dari tungku kompor dimana di saat pergi, pengontrak rumah lupa mematikan, sehingga api menjalar hingga malalap seisi rumah hingga rata dengan tanah. Api baru dapat dipadamkan selang satu jam kemudian dengan bantuan satu uni mobil pemadam kebakaran (Damkar Wonogiri) bersama warga dan tim SAR Posko Aju Baturetno.

“Untuk korban jiwa nihil, kerugian materiil berupa surat-surat berharga seperti  akta, surat nikah, ijazah, STNK sepeda motor, perabot rumah tangga (kulkas, springbed). Total kerugian ditaksir mencapai Rp 35 juta,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge