0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Honorer dan TKPK Solo Dijamin Dapat Gaji ke-13

Sekretaris Daerah (Sekda) Solo Budi Yulistianto (dok.timlo.net/red)

Solo — Kabar baik untuk Tenaga Honorer dan Tenaga Kontrak dengan Perjanjian Kerja (TKPK) di Jajaran Pemerintah Kota Solo. Pemkot Solo menganggakan dana sekitar Rp 30 miliar untuk membayar gaji ke-13 untuk seluruh ASN, honorer, dan TKPK yang bekerja di jajarannya.

“Itu untuk semua. ASN kita kan ada sekitar 6 ribu orang. Ditambah TKPK sekitar 2 ribu orang,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo, Budi Yulistianto, Kamis (24/5).

Saat ini, Pemkot Solo masih menunggu petunjuk teknis dari Pemerintah Pusat terkait penyaluran gaji ke-13. Meski Juknis belum diterima, Pemkot telah menyiapkan anggaran tersebut di APBD 2018. Besaran gaji ke-13 sesuai aturan tahun lalu diberikan senilai komponen gaji tanpa tunjangan beras dan tunjangan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Menurut Budi, gaji ke-13 untuk ASN akan diberikan langsung melalui Badan Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) seperti gaji biasa. Namun untuk honorer dan TKPK, maka gaji ke-13 diserahkan melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing-masing.

“Jadi (gaji ke-13 untuk honorer dan TKPK) tidak bisa bareng. Tergantung OPD masing-masing. Kalau pengajuannya cepat ya bisa dapat lebih dulu,” kata dia.

Kabar ini tentunya menjadi angin segar bagi honorer dan TKPK yang bekerja untuk Pemkot Solo. Pasalnya, daerah-daerah lain belum tentu memberlakukan kebijakan yang sama. Peraturan Pemerintah (PP) tentang pemberian tunjangan hari raya (THR) dan gaji ke-13 untuk pegawai negeri sipil (PNS), prajurit TNI, anggota Polisi, dan pensiunan PNS yang ditandatangani Presiden Joko Widodo Rabu (23/5) kemarin tidak mengatur secara spesifik THR dan gaji ke-13 untuk honorer dan TKPK.

“THR untuk Honorer tidak ada pengaturannya. Itu sifatnya opsional. Tergantung kebijakan pimpinan masing-masing,” Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB Herman Suryatman sebagaimana dikutip dari Antara.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge