0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pemkot Usul Raperda Kependudukan, Ini Tanggapan F-PAN

(Ilustrasi) Rapat Paripurna DPRD Solo (timlo.net/achmad khalik)

Solo — Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mengusulkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kependudukan dan Pembangunan Keluarga mendapat tanggapan dari Fraksi Partai Amanat Nasional (F-PAN) DPRD Kota Solo.

F-PAN mempertanyakan apakah terdapat potensi kuat terjadi ketidakseimbangan dan peledakan peledakan penduduk sehingga Pemkot perlu menangani secara khusus dengan membentuk Perda.

Pernyataan tersebut dikemukakan Ketua F-PAN, Achmad Sapari, dalam sidang paripurna pertanggungjawaban APBD Kota Surakarta tahun 2017, Rabu (23/5).

“Apakah ada potensi kuat terjadi ketidakseimbangan dan peledakan penduduk, sehingga pemerintah perlu membentuk peraturan daerah soal penduduk?” tanya Achmad Sapari.

Selain itu, apa yang dipakai oleh Pemkot akibat yang akan ditimbulkan atas pemberlakuan Perda Kependudukan dan Pembangunan Keluarga. Sehingga langkah konkrit terkait kewajiban pemerintah dalam pengaturan perkembangan kependudukan akan diketahui.

“Mohon dijelaskan mengenai hal itu. Selain itu program unggulan apakah yang akan akan direncanakan pemerintah kota terkait dengan pembangunan keluarga yang ideal,” tanya Sapari.

Fraksi PAN juga mempertanyakan kewenangan secara teknis pemerintah kota dalam mengintervensi terhadap warganya terkait kewenangan dalam mengatur pembangunan keluarga.

“Sejauh mana hal itu dimungkinkan secara teknis? Termasuk advokasi terhadap warga masyarakat yang terdampak akibat peraturan tersebut,” tambahnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge