0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Mewujudkan Pemerintahan yang Transparan Melalui SPBE

(Timlo.net/redaksi)
Karanganyar — Pemkab Karanganyar berusaha menyelenggarakan pelayanan efektif, efisien dan berkelanjutan sekaligus mewujudkan pemerintahan yang bersih dan transparan melalui Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) atau E-Government
“Dengan didukung fasilitas dan SDM yang berbobot, pastinya mendapatkan hasil yang maksimal. Hasilnya berupa keterbukaan, transparasi serta akuntabel untuk menghindari korupsi sehingga mendapatkan kepercayaan publik,” kata Pjs Bupati Karanganyar, Prijo Anggoro Budi Rahardjo dalam sosialisasi sistem tersebut, kemarin. 
Menurutnya, Karanganyar sudah melakukan sistem tersebut namun belum terpadu ke satuan kerja lainnya. 
“Kepinginnya dengan sekali klik kita akan tahu peruntukan tanah untuk investasi bisa dilakukan atau tidak, perizinannya siap atau tidak, produk unggulannya apa, dan sumber daya pendukungnya siap atau tidak, jalan yang rusak di mana saja, kapan akan diperbaiki, dan lainnya,” katanya. 
Ia mengklaim SDM dan perangkat telah dimiliki atau bisa diupayakan. Sehingga penerapan berkelanjutan tinggal dilaksanakan.
Dr Ing Imam Mahdi, Deputy Perumusan Kebijakan Kementerian Pendayagunaan dan Reformasi Birokrasi mengatakan, pemerintah kabupaten/ kota masih minim menerapkan e-government. Dari 450 daerah tingkat kabupaten/ kota di Indonesia, belum sampai 50 persen yang melaksanakan e-government, yakni dengan melakukan sistem elektronik berbasis teknologi komunikasi dan informasi untuk segala bidang administrasi.
“Baru sekitar 200 daerah yang telah mencoba sistem itu, meski belum semuanya terintegrasi satu dengan lainnya,” katanya. 
Dijelaskan, tujuan penyelenggaraan SPBE ialah mewujudkan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang bersih, efektif, efisien, akuntabel dan terpercaya serta meningkatkan keterpaduan penyelenggaraan SPBE. Itu akan memberikan manfaat meliputi peningkatam efisiensi anggaran untuk pembangunan SPBE, mendukung terwujudnya satu data Indonesia, mendorong penggunaan aplikasi umum, meningkatnya utilisasi infrastruktur TIK yang terintegrasi melalui bagi pakai data antar instansi pemerintah dan pemerintah daerah serta terwujudnya keamanan informasi pemerintah.
Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge