0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Ini Manfaat Mengejutkan Dari Puasa

Makanan sehat. (Google Images)

Timlo.net—Sejak 1400 tahun yang lalu, umat Muslim diperintahkan untuk berpuasa. Sekarang, para ilmuwan mengkonfirmasi jika puasa bisa menolong mencegah masalah kesehatan seperti kolesterol tinggi, penyakit jantung dan obesitas.

Bulan ini lebih dari satu miliar umat Muslim di seluruh dunia berpuasa. Mereka berpantang makanan, minuman, merokok dan berhubungan badan. Tahun lalu, durasi puasa beragam mulai dari 9 jam hingga 21 jam. Tahun ini, durasi puasa bisa mencapai 9 hingga 19 jam. Puasa lebih sulit dilakukan untuk negara-negara yang berada jauh di utara. Karena di wilayah utara matahari bisa berada di langit hampir sepanjang hari.

Alaraby.co.uk mengungkapkan jika puasa bisa menolong kita menurunkan berat badan secara aman. Karena kita mengurangi kalori selama puasa, tubuh bisa membakar lemak. Beberapa penelitian juga menunjukkan minum cairan lebih sedikit selama sebulan tidak berakibat buruk untuk kesehatan.

Selain itu, beberapa penelitian menyatakan mereka yang ambil bagian dalam Ramadan memiliki tingkat kolesterol yang lebih rendah. Kolesterol yang tinggi selama ini dikenal sebagai penyebab utama penyakit jantung.

Selama berpuasa, tubuh tidak lagi memperoleh energi utama dari glikogen. Glikogen biasanya dihasilkan dari konsumsi karbohirat. Tapi selama puasa, tubuh menggunakan lemak untuk memperoleh energi. Inilah yang membuat puasa bisa menurunkan berat badan, tingkat kolesterol dan tekanan darah.

Bahkan puasa selama tiga hari bisa berdampak positif terhadap daya tahan tubuh. Puasa menyebabkan bertambahnya jumlah sel darah putih baru. Inilah yang menyebabkan daya tahan tubuh meningkat.

Dalam bukunya “The Fast Diet” Dr. Michael Mosley menulis, “Tidak ada hal lain yang bisa Anda lakukan terhadap tubuh Anda yang sama kuatnya dengan berpuasa.”

Manfaat mengejutkan puasa selain untuk kesehatan juga menolong kita mengatasi kebiasaan yang buruk. Misalnya kebergantungan terhadap gula atau kecanduan rokok. Saat berpuasa, orang berhenti merokok. Perlahan-lahan mereka bisa berhenti merokok sepenuhnya.

Apalagi jika puasa dilakukan selama 30 hari. Jadi pada akhir Ramadan, orang sudah terbiasa mengurangi hal-hal yang membuat mereka kecanduan. Salah satu faktor yang membuat orang mengalami manfaat puasa sepenuhnya adalah apa yang dimakan selama sahur dan berbuka. Jika kita tidak menjaga diri dan mengkonsumsi makanan berminyak, berlemak saat berbuka atau sahur. Maka manfaat berpuasa untuk kesehatan bisa berkurang.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge