0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Tari Yudha Tamtama Semarakkan Upacara Harkitnas

Tari Yudha Tamtama menyemarakkan Upacara Harkitnas di Tugu Kebangkitan Nasional Solo (dok.timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) dilaksanakan dengan khidmat di Tugu Kebangkitan Nasional, Jl Kebangkitan Nasional, Penumping, Solo, Senin (21/5). Upacara diawali dengan pergelaran Tari Yudha Tamtama besutan Dinas Kebudayaan (Disbud) Kota Solo.

“Tari ini menggambarkan sekelompok prajurit yang berlatih mengasah keahliannya dalam mengolah senjata,” kata Kepala Bidang (Kabid) Kesenian Sejarah dan Sastra Disbud Solo, Mareta Dinar Cahyana.

Sebanyak 11 penari pria dengan lihainya memainkan senjata floret (pedang tipis dan lentur yang biasa dipakai di olahraga anggar) dan tameng. Pertunjukan tari menjadi lebih semarak dengan adanya formasi yang atraktif yang memanfaatkan kontur Tugu Kebangkitan Nasional.

“Tari ini memang diilhami oleh salah satu kesatuan prajurit di Keraton yang memakai senjata floret dan tameng,” kata Mareta.

Usai pertunjukan tari pembuka, upacara dimulai dipimpin Ketua DPRD Kota Solo, Teguh Prakosa sebagai inspektur. Pada kesempatan tersebut, Teguh membacakan amanat yang ditulis Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.

“Kita sebentar lagi akan mendapatkan bonus demografi. Untuk itu, pemuda diharapkan bisa memanfaatkan media sosial secara bijak untuk hal-hal yang produktif dan bijak menyikapi isu-isu yang beredar di media sosial,” kata dia.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge