0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Legislator: Perlu Dibuat Tulisan Pengelola Jalan

Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Solo, Supriyanto (dok.timlo.net/red)

Solo — Agar tidak menimbulkan banyak pertanyaan warga masyarakat soal ruas jalan yang menjadi tanggung jawab pengeloaan dan perbaikan, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebaiknya membuat keterangan. Tulisan yang menerangkan nama jalan ditulis penanggung jawab pengelolanya.

“Dengan demikian masyarakat mengetahui pengelola jalan bila terjadi kerusakan. Jadi biar rakyat tahu, ruas jalan di kota Solo bukan semunya menjadi tanggung jawab Pemerintah Kota (Pemkot) Solo,” kata Wakil Ketua Komisi II, Supriyanto, ditemui di ruang kerjanya, Jumat (18/5)

Misalnya ruas jalan Slamet Riyadi yang membentang dari Purwosari sampai Geladak, di bawah diberi catatan Jalan Negara. Hal yang sama di ruas jalan yanh menjadi tanggung jawab provisi, misalnya di Jalan A Yani ditulis Jalan Provinsi.

Menurut Supriyanto, OPD di Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) segera melaksanakan penulisan nama pengelola jalan di kota Solo. Salah satu tujuannya agar masyarakat bisa menilai kinerja pengelola jalan.

“Sekarang’kan warga tahunya yang mengelola ruas jalan adalah Pemkot Solo, padahal tidak semua ruas jalan menjadi tanggung jawab Pemkot,” ujar dia.

Lebih lanjut Supriyanto menyatakan, rencana penulisan pengelola jalan dulunya pernah direncanakan akan ditulis di bawah nama jalan. Tetapi hingga saat ini, ujar dia, tidak terealisir rencana dimaksud.

“Padahal dulu pernah diajukan anggarannya untuk membuat tulisan keterangan, tapi kenapa tidak direalisir. Nanti akan kami tanyakan pada OPD terkait,” ujar dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge