0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Bupati Kerap Mutasi Pejabat, Ini Tanggapan Dewan

Pelantikan pejabat eselon Pemkab Sragen (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen — Kebijakan mutasi pejabat eselon yang kerap dilakukan pemerintahan Yuni-Dedy selama ini menuai kritikan. Mutasi pejabat dalam jumlah besar dalam dua tahun pemerintahannya dinilai justru bisa berdampak buruk terhadap kiberja dan psikologis PNS.

“Saking seringnya, banyak PNS yang selama dua tahun itu sudah dipindah sampai 3 kali. Saya ambil contoh di Sekwan (Sekretariat DPRD) saja, hampir tiap mutasi selalu ada yang dipindah dan diganti. Bahkan belum sempat tahu namanya, ngerti-ngerti wis dimutasi meneh,” kata Wakil Ketua DPRD Sragen, Bambang Widjo Purwanto, belum lama ini.

Bambang menyampaikan hal itu saat dimintai tanggapan mutasi 82 pejabat eselon III dan IV di lingkungan Pemkab Sragen pada Selasa (15/5) lalu. Padahal tiga bulan sebelumnya pada Februari Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati juga melakukan mutasi terhadap 231 ASN.

Menurutnya, mutasi pejabat yang berulangkali dilakukan dalam rentang waktu beberapa bulan itu sangat tidak efektif. Pasalnya selain sebagian besar yang dimutasi adalah orang yang sama, banyak penempatan ASN yang tidak sesuai dengan kompetensinya.

Disebutkan, dalam sejarah pemerintahan baru kali ini ada pemimpin yang sudah memutasi pejabat dalam jumlah besar sebanyak sembilan kali dalam kurun dua tahun.

Politisi Golkar itu mengakui kalau mutasi pejabat adalah hak prerogatif bupati. Namun, bukan berarti bisa semaunya semaunya memindahtugaskan ASN tanpa melihat kompetensi maupun aspek psikologis PNS.

“Kesannya asal mindah, faktor suka tidak suka dan indikasi kepentingan tertentu itu yang lebih kental. Bukan kami menghalangi, tapi kami hanya mengingatkan bahwa menempatkan sesuatu yang tidak pada tempatnya, itu ibarat tinggal menunggu waktu kehancurannya. Tak hanya di pemerintahan, di urusan apa pun itu,” papar Bambang Widjo Purwanto.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge