0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

YouTube Music Resmi Dirilis, Gabungkan Musik dan Video

YouTube Music. (ubergizmo.com)

Timlo.net—Layanan streaming musik seperti Spotify dan Apple terus bertarung memperebutkan pelanggan. Tapi Google sendiri masih meraba-raba saat memasuki industri ini. Perusahaan itu memiliki beberapa layanan musik misalnya Google Play Music dan YouTube Music. Sekarang mereka merilis layanan streaming musik lainnya.

YouTube secara resmi merilis YouTube Music, atau merilis ulang versi baru dari YouTube Music. Jika Anda bingung, YouTube kali pertama merilis layanan itu pada 2015. Sedangkan layanan streaming musik yang dirilis pada Kamis (17/5) adalah versi baru dari layanan itu.

YouTube berkata jika layanan itu akan menggabungkan keajaiban YouTube dengan musik. Dengan layanan ini, pengguna tidak perlu bolak balik antara aplikasi video dan musik. “Entah Anda ingin mendengarkan, menonton atau menemukan, semuanya ada di sini. YouTube Music adalah sebuah layanan streaming musik baru dibuat untuk musik: lagu resmi, album, ribuan daftar putar, dan radio artis ditambah katalog YouTube yang luas tentang remix, aksi panggung, cover dan video musik yang tidak bisa Anda temukan di manapun—semuanya diorganisasi dan dipersonalisasi dengan sederhana,” ujar YouTube dilansir dari Ubergizmo.

YouTube Music akan ditawarkan secara gratis dan berbayar. Versi gratis mirip dengan layanan gratis Spotify. Para pengguna bisa mendengarkan musik secara gratis tapi mereka akan melihat iklan.

Sedangkan YouTube Music Premium adalah paket berbayar dengan biaya $9.99 (Rp 141.158) per bulan. Dengan berlangganan, pengguna bisa mengakses layanan tanpa iklan. Jika Anda berlangganan Google Play Music, Anda memperoleh YouTube Music Premium secara gratis. Jadi Anda tidak perlu membayar dua kali. Sebelumnya beredar rumor jika Google Play Music akan ditutup demi layanan baru ini. Tapi YouTube menyatakan hal itu salah. Google Play Music tetap ada.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge