0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Mahasiswa UMS Launching Mobil Listrik EVO 2

()

Sukoharjo — Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) me-launching mobil listrik EVO 2, di Gedung Siti Walidah, Kampus UMS, Pabelan – Kartasura, Sukoharjo. Mobil hemat energi ini berlaga di kontes World Econo Move di Akita, Jepang.

“Mobil listrik karya mahasiswa Fakultas Teknik UMS ini diklaim mampu melaju dengan kecepatan 53 kilometer/jam,” ujar Ketua Tim Penelitian Mobil Listrik, Meda Aji Saputro kepada wartawan, di Kampus UMS, Sukoharjo, Kamis (17/5).

Meda mengatakan, dengan kehematan energi sebesar 0,03 ampere. Dalam jarak tempuh satu kilometer.

“Kami masih mengejar lagi. Targetnya, kehematan energi bisa seminimal mungkin yakni 0,01 ampere. Jadi kecepatannya kami tambah, konsumsi energi kami kurangi. Kami juga tonjolkan sistem manajemen pengemudi. Karena itu berpengaruh terhadap kehematan,” jelasnya.

Menurut Meda yang mahasiswa semester 8, mobil listrik hemat energi buatannya dan tim dilengkapi baterai yang dirangkai seri paralel. Baterai tersebut dialirkan ke controller pengubahannya menjadi gerakan mobil. Baterai yang digunakan adalah baterai yang dipakai untuk vapor, atau rokok elektrik.

“Mekanikal mobil terdiri dari cases dan bodi. Untuk cases kami memakai amunium, dengan sistem las sebagai penyambungan. Sedangkan bodi, kami pakai polycarbonate, fiber, dan composit dari karton bekas. Karena tema mobil kami adalah hemat energi dan ramah lingkungan,” ujarnya.

Meda mengatakan, pembuatan mobil sudah dimulai sejak Mei-November 2017. Satu unit mobil listrik hemat energi ini menghabiskan biaya sebesar Rp 75 Juta. Biaya tersebut sudah termasuk dengan berbagai try and error selama proses penyempurnaan prototype mobil. Biaya tersebut di-cover penuh menggunakan dana riset Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UMS.

Dalam kompetisi ini, Meda dkk memasang target tinggi. Untuk keberangkatan perdananya di ajang internasional, Meda dkk ingin membawa pulang gelar juara.

“Perwakilan Indonesia hanya dari UMS,” ujarnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge