0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Walikota Solo Ancam Berikan Sanksi kepada RS yang Menolak Pasien

Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo (dok.timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Walikota Solo dalam waktu dekat berencana mengumpulkan Direktur rumah sakit yang berlokasi di Kota Bengawan. Tujuannya untuk memastikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya peserta BPJS Kesehatan golongan rendah.

“Saya tidak ingin kasus penolakan pasien seperti yang terjadi di RS di luar daerah terjadi di Solo. Karena itu dalam waktu dekat ini saya akan kumpulkan para Direktur RS,” kata Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo kepada wartawan, Kamis (17/5).

Untuk memastikan pelayanan kepada masyarakat dan para peserta BPJS Kesehatan itu, dikatakannya RS bisa diminta untuk menggunakan ruang IGD jika kamar yang tersedia sudah penuh. Sementara sambil menunggu kamar kosong, pihak RS bisa melakukan koordinasi dengan RS lainnya.

“Dengan demikian tidak ada pasien yang terlantar dengan alasan kamar penuh,” terangnya.

Bahkan pihaknya juga mengancam akan memberikan sanksi kepada RS yang terbukti melakukan penolakan perawatan kepada pasien. Terlebih pasien itu menjadi peserta dalam program BPJS Kesehatan.

“Yang jelas kita tidak akan tinggal diam. Pemkot akan memberikan sanksi tegas jika ada RS yang menolak pasien. Kalau ada RS yang hanya menerima pasien yang berduit saja, saya sarankan tidak mendirikan RS di Solo,” tegasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge