0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Gelapkan Uang Hasil Lelang, Kepala Cabang Leasing Dipidanakan

Tersangka Usman Rahmat Laily diamankan polisi (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Seorang kepala cabang pembiayaan kredit mobil (leasing) ditangkap polisi setelah terbukti melakukan penggelapan uang hasil lelang dua kendaraan. Tersangka, Usman Rahmat Laily (40) warga Sogaten RT02/ RW15 Kelurahan Pajang, Kecamatan Laweyan, Kota Solo terbukti menggelapkan uang senilai Rp 215 juta.

“Tersangka ini kepala cabang, dia melakukan lelang dua buah mobil jenis Honda Jazz dan Suzuki Ertiga. Hasilnya, uang lelang tidak disetorkan ke perusahaan malah ditilep,” terang Waka Polresta Solo AKBP Andy Rifai, Rabu (16/5) siang.

Kasus ini bermula saat tersangka membawa dua buah mobil jenis Honda Jazz AD9399 AT dan Suzuki Ertiga H 9000 DF pada pertengahan Februari 2018 lalu. Selang beberapa saat, tersangka lalu meminjam dua BPKB kendaraan dengan alasan akan dilakukan perpanjangan pajak kendaraan. Akan tetapi, justru kedua kendaraan lengkap dengan BPKB nya itu dilelang hingga laku dengan total pembayaran Rp 215 juta.

“Tapi, uang hasil lelang kendaraan itu tidak diserahkan ke kantor tapi justru digelapkan oleh tersangka,” jelas Andy.

Pihak kantor sudah beberapa kali melakukan penagihan terkait uang hasil lelang tersebut. Namun, tersangka nampaknya acuh dan tidak menghiraukan penagihan tersebut. Merasa jengkel, pihak perusahaan akhirnya melaporkan kasus tersebut ke pihak berwajib.

Sementara itu, dari pengakuan tersangka uang hasil lelang tersebut telah habis dia gunakan.

“Uangnya sudah habis, digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan senang-senang,” kata Usman.

Selain menangkap tersangka, Polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti diantaranya bon pinjam BPKB, copy aplikasi kendaraan Honda Jazz dan Ertiga, pernyataan pinjam BPKB dan surat yang lain.

Akibat perbuatannya, tersangka dijerat dengan Pasal 374 KUHP tentang Penggelapan dalam Jabatan dengan ancaman hukuman maksimal lima tahun penjara.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge