0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Soal Pemberian Insentif GTT/PTT, Pemkab Terapkan Kebijakan Baru

Bupati Wonogiri Joko Sutopo saat menyerahkan SK bagi GTT/PTT secara simbolis (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Tahun ini, Pemkab Wonogiri akan membatasi GTT/PTT yang memperoleh insentif. Namun hanya kalangan GTT/PTT yang telah memenuhi persyaratan saja yang mendapatkannya. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan kemampuan keuangan daerah.

“Kedepan kami tidak akan menambah lagi GTT/PTT. Pemkab juga sudah mengunci data GTT/PTT yang terkaver program pemberian insentif. Artinya, tidak akan ada lagi GTT/PTT yang bisa masuk ke dalam data penerima insentif,” ungkap Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, Kamis (26/4).

Bupati menjelaskan, belum semua GTT/PTT bisa menerima insentif dan SK. Program ini hanya mengkaver GTT/PTT yang sudah mengabdikan diri setidaknya dua tahun atau minimal mulai bekerja sejak Desember 2016. GTT/PTT yang bekerja pada 2017 atau bahkan 2018 ini belum bisa menerima insentif. Bahkan, kebijakan ini sudah memenuhi rasa keadilan.

Menurutnya, tahun ini GTT akan menerima insentif dari Rp 300 Ribu menjadi Rp 500 Ribu perorang perbulan. Hal ini juga berlaku bagi PTT, mereka bakal menerima insentif Rp 325 Ribu perorang perbulannya, dimana tahun sebelumnya hanya Rp 175 Ribu perorang perbulannya.

Kebijakan Bupati itu juga didasari sejumlah hal diantaranya, jika tidak ada pembatasan maka akan menambah beban APBD Wonogiri yang saat ini hanya Rp 2,4 Triliun. Dari anggaran itu, 54 persennya diserap untuk membayar gaji pegawai sedang sisanya dialokasikan untuk belanja langsung serta untuk mendorong Panca Program Bupati.

Lebihlanjut dikatakan, saat ini Pemkab tengah fokus memverifikasi dan mengklasifikan data GTT/PTT yang ada untuk dijadikan database. Apabila ke depan pemerintah pusat mengambil kebijakan tertentu mengenai GTT/PTT maka Pemkab hanya tinggal menyajikan sesuai klasifikasi dan kualifikasi.

“Sudah tidak ada penambahan. Toh, kebijakan pusat mengenai GTT/PTT ini juga belum jelas,” jelasnya.

Ketua Forum GTT/PTT Wonogiri, Sunthi Sari, bersyukur perjuangan GTT/PTT untuk mendapatkan kesejahteraan yang lebih baik membuahkan hasil. Dia berharap GTT/PTT yang belum terkaver program bisa mendapat perhatian yang sama di kemudian hari apabila regulasi memungkinkan.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge