0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Hadapi Siklus Tahunan, Ini Sebaiknya yang Dilakukan Investor di Pasar Modal

Manager Representative Office PT RHB Sekuritas Indonesia, Lius Andy Hartono (timlo.net/setyo pujis)

Solo — Jelang Ramadan dan Lebaran, perkembangan  investasi di pasar modal diprediksi terjadi konsolidasi yang cukup masif.  Pasalnya,  pada periode tersebut akan banyak masyarakat yang membutuhkan uang tunai untuk menutup kebutuhan sehari-hari.

“Jadi kalau di pasar modal itu ada yang namanya siklus tahunan. Dimana saat terjadi siklus tahunan itu, biasanya perkembangan investasi di pasar modal cenderung lebih landai dari biasanya, ” ungkap Manager Representative Office PT RHB Sekuritas Indonesia,  Lius Andy Hartono kepada wartawan,  Rabu (25/4).

Siklus tahunan yang dimaksud, dijelaskan dia, seiring adanya rilis laporan keuangan selama satu tahun terakhir oleh perusahaan emiten. Ditambah lagi adanya Ramadan dan Lebaran, ajaran baru anak sekolah dan Pilkada. Adanya serangkain even tersebut, diyakini dapat membuat para investor untuk memilih wait and see. Pasalnya, anggaran yang dimiliki akan lebih banyak digunakan untuk kebutuhan lain daripada melakukan investasi.

“Belum lagi, sekarang ini Rupiah juga melemah dan adanya kebijakan bank sentral Amerika yang ingin menaikan suku bunga. Sehingga investor asing yang berada di dalam negeri, kalau melihat trend sekarang mulai banyak yang melepas saham secara bertahap. Atau istilahnya Dollar balik kandang, ” jelasnya.

Menyikapi kondisi itu, pihaknya berharap agar para investor di dalam negeri supaya lebih banyak memperkuat uang cash. Sementara bagi para investor baru, lebih disarankan agar tetap lebih berhati-hati dalam melakukan pembelian saham.

“Kalau bagi investor baru, mungkin alangkah baiknya tidak langsung membelikan semua dana yang dimiliki. Bisa sepuluh persennya dulu dari anggaran yang disedikan. Karena memang kondisinya sekarang kurang begitu stabil,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge