0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pekan Depan PKL Galabo Siang Ditata Ulang

Galabo (Gladak Langgen Bogan) ()

Solo — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo segera menata ulang kawasan wisata kuliner Gladag Langen Bogan (Galabo) siang pekan depan. Penataan akan menyasar semua Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan di sana.

“Nanti kita akan tata ulang agar tidak turun ke jalan dan tidak kumuh,” kata Kepala Dinas Perdagangan Solo, Subagyo, Selasa (24/4).

Selain penataan PKL agar menata dagangannya dengan benar, 12 kios paling barat dari deretan PKL Galabo siang akan dipinahkan ke Timur. Pemindahan tersebut disebabkan karena pembuatan pintu masuk ke area shelter Galabo baru yang sedang dibangun Pemkot di lahan parkir di Selatan Bank Danamon.

“Rencananya mulai pekan depan harus sudah pindah,” kata dia.

Galabo diresmikan Pemkot pada 3 April 2008 silam di era kepemimpinan Walikota Joko Widodo. Deretan warung makan di Jalan Mayor Sunaryo itu dikembangkan Pemkot sebagai salah satu destinasi wisata malam di Solo. Sejak Galabo diresmikan, Jalan Mayor Sunaryo disulap menjadi tongkrongan untuk penikmat kuliner yang dijajakan PKL di Shelter Galabo.

Siang harinya, shelter tersebut digunakan oleh PKL lain yang menjajakan berbagai makanan. Jika Galabo malam dikemas sebagai tempat bersantai, galabo siang lebih membidik masyarakat yang membutuhkan sajian makanan yang cepat selama jam istirahat siang. Pada perkembangannya, PKL Galabo siang lalu merambah bahu bahkan badan jalan sehingga mengganggu lalu lintas.

“Dari paguyuban sebenarnya sudah berkali-kali mengingatkan. Tapi memang tidak mudah. Tidak semua bisa nurut,” kata Ketua Paguyuban PKL Galabo, Siska.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge