0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Rekam E-KTP Khusus Pelajar Dibuka Akhir Pekan

Kepala Disdukcapil Karanganyar Suprapto (dok.timlo.net/raymond)

Karanganyar — Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Karanganyar membuka layanan ekstra rekam KTP elektronik (e-KTP) di kantor KPU tiap Sabtu-Minggu, mulai akhir pekan ini sampai menjelang coblosan (Pilgub Jateng dan Pilbup Karanganyar), Juni mendatang. Layanan tersebut mengakomodasi pemilih potensial yang belum terangkut Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada serentak, khususnya bagi 1.104 pelajar temuannya.

“Mereka ini pelajar yang kemungkinan tidak memiliki waktu rekam data karena kesibukan di sekolah. Undangan rekam e-KTP sudah disampaikan melalui pemdes. Namun sebagian tidak sampai ke orangnya, karena mungkin sekolahnya di luar kota,” kata Kepala Disdukcapil Karanganyar, Suprapto, Kamis (18/4).

Sebagaimana diberitakan, KPU menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) Pilgub Jateng dan Pilbup Karanganyar 681.477 orang. Ternyata masih terdapat data pemilih potensial tercecer di luar DPT.

Suprapto memastikan mereka bisa menggunakan hak pilih asalkan memiliki e-KTP maupun surat keterangan sudah rekam data kependudukan. Guna menyegerakannya, waktu luang mereka berada di rumah pada akhir pekan diarahkan untuk merekam e-KTP. Satu perangkat rekam data sengaja dipasang di KPU. Sedangkan rekam data reguler tetap dipasang di kantor dinas dan kantor kecamatan.

Lebih lanjut dikatakan, Disdukcapil mengidentifikasi kembali 8.911 penduduk dimana 5.192 diantaranya sudah rekam data namun belum terangkut DPT sedangkan sisanya ber-KTP ganda, KTP dengan NIK lain, meninggal dunia, jompo dan belum rekam data. Setelah itu, muncul data 3.693 daftar penduduk potensial pemilih tidak masuk daftar konsolidasi bersama (DKB) 2018 oleh penyelenggara Pemilu nasional.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge