0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Mandi Setiap Hari Berdampak Buruk Untuk Kesehatan?

Mandi. (mamabee.com)

Timlo.net—Sebagian besar orang rajin mandi setiap hari. Mereka beranggapan hal ini baik untuk kesehatan. Tapi sebuah penelitian baru menemukan jika mandi terlalu sering bisa membuat orang sakit.

Para peneliti dari Colombia University di New York, Amerika Serikat (AS) berkata jika mandi setiap hari biasanya dilakukan karena alasan estetika. Kebiasaan ini justru membuat orang rentan terkena infeksi, tulis Metro.co.uk.

Mandi air hangat atau air biasa bila sering dilakukan membuat kulit kering dan pecah-pecah. Kondisi kulit seperti ini membuat kuman dan bakteri masuk ke dalam tubuh, ujar ahli penyakit menular Dr. Elaine Larson.

Dia berkata mandi terlalu sering melucuti minyak alami pelindung kulit. Selain itu kebiasaan itu mengganggu keberadaan bakteri baik yang ada untuk memperkuat sistem daya tahan tubuh. Mandi sebenarnya dilakukan bukan demi kesehatan. Kegunaan utamanya adalah menyingkirkan bau badan.

“Saya pikir mandi biasanya dilakukan karena alasan estetika. Orang-orang berpikir mereka mandi demi kebersihan atau menjadi lebih bersih, tapi secara bakteriologis, tidaklah demikian,” terang Dr. Elaine.

Ahli kulit Dr. Brandon Mitchell menyarankan orang mandi sekali atau dua kali seminggu. Asisten profesor dermatologi di George Washington University itu berkata kepada TIME: “Tubuh Anda secara alami adalah sebuah mesin yang diminyaki dengan cukup. Saya pikir kebanyakan orang terlalu sering mandi. Mandi setiap hari tidaklah perlu.”

Dr. Brandon menyarankan orang mandi setiap hari hanya jika kulit mereka terasa sehat dan terhidrasi. Dia berkata kita cukup membersihkan bagian tubuh yang berbau misalnya kaki dan ketiak.

Orang-orang yang berambut kering disarankan keramas beberapa minggu sekali. Tapi bila rambut berketombe, dia menyarankan orang keramas beberapa kali seminggu. Tangan dan pakaian yang bersih akan melindungi orang lebih baik dari penyakit.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge