0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Kopi dan Teh Bermanfaat Untuk Penderita Masalah Jantung

Biji kopi dipanggang. (camanoislandcoffee.com)

Timlo.net—Minum kopi dan teh setiap hari bisa bermanfaat untuk penderita gangguan jantung. Penelitian baru menghubungkan konsumsi kafein dengan penurunan gejala aritmia, atau detak jantung tidak beraturan.

Tapi para peneliti memperingatkan jika konsumsi minuman berenergi berakibat buruk untuk penderita aritmia jantung. Hal ini karena minuman berenergi mengandung kafein dalam jumlah tinggi, tulis The Guardian.

Aritmia menyebabkan jantung berdetak terlalu cepat, terlalu lambat atau tidak beraturan. Banyak petugas medis yang sebelumnya menyarankan pasien penderita aritmia menghindari minuman berkafein.

“Ada sebuah persepsi publik, seringkali berdasarkan pengalaman anekdot, jika kafein menjadi pemicu akut umum untuk masalah detak jantung. Ulasan ekstensif kami terhadap literatur medis menyatakan jika tidaklah demikian,” ujar Dr. Peter Kistler, kepala elektrofisiologis di Alfred hospital dan Baker Heart and Diabetes Institute.

Para peneliti mengulas 11 penelitian internasional besar yang melibatkan 360 ribu orang. Mereka menemukan jika kafein tidak berefek terhadap aritmia ventrikel. Analisa yang ada menyatakan asupan kafein hingga 300 mg per hari aman untuk pasien aritmia. Jumlah itu setara dengan tiga cangkir kopi. Tapi setiap orang berbeda dalam merespon efek kafein. Untuk beberapa orang kafein bisa memicu aritmia.

“Minuman berkafein seperti kopi dan teh punya manfaat anti aritmia jangka panjang yang bertindak sebagai efek antioksidan dan antagonisme adenosine,” kata Dr. Peter.

“Dalam berbagai penelitian berbasis populasi, pasien yang mengkonsumsi teh dan kopi dalam jumlah sedang memiliki resiko yang lebih rendah untuk menderita masalah detak jantung seumur hidup mereka dan mungkin memperbaiki kemampuan bertahan hidup,” tambah Dr. Peter. Penelitian ini dipublikasikan dalam the Journal of the American College of Cardiology.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge