0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Ditelantarkan Karena Tuli, Anjing Ini Belajar Bahasa Isyarat

Ivor. ()

Timlo.net—Seekor anak anjing jenis Staffordshire Bull Terrier bernama Ivor sudah tuli sejak lahir. Tidak mengherankan jika anjing berusia 10 bulan itu ditolak lima keluarga saat masih kecil.

Dia akhirnya dirawat oleh the Royal Society for the Prevention of Cruelty to Animals (RSPCA), organisasi pencegah kekejaman pada binatang di the UK. Ivor mengalami krisis kepercayaan karena semua penolakan yang dia terima. Akan tetapi, the RSPCA memberikan semua cinta dan kelembutan yang harusnya diterima anjing jantan itu. Untungnya Ivor akhirnya diadopsi oleh Ellie Bromilow dan keluarganya pada Desember 2017. Mereka jatuh cinta pada anjing itu sekalipun dia berkebutuhan khusus, tulis Indy100.com.

Ivor tidak hanya manis dan menggemaskan, dia juga bisa belajar bahasa isyarat. Ellie menjelaskan hal ini kepada the Express: “Dia sudah belajar isyarat untuk ‘duduk’ dan ‘ke sini’ dari staf di pusat the RSPCA tapi dia sekarang tahu lebih banyak misalnya ‘berbaring’, ‘diam’, ‘semua hilang’ dan dia belajar ‘berguling’.”

“Saat dia belajar isyarat untuk ‘jalan-jalan’ dia menjadi begitu gembira. Kami memakai tali pengekang yang panjang, dan jika dia memandang, dia akan datang mendekat saat Anda mengangkat satu tangan ke udara,” tambah Ellie.

Ellie menambahkan jika memiliki Ivor tidak begitu berbeda dari memelihara anjing dengan pendengaran normal. Mereka masih bicara dengan Ivor seperti pemilik anjing lainnya. Ivor juga punya indera penciuman yang luar biasa.

Natalie Heaton, yang bekerja di the RSPCA di West Yorkshire berkata: “Anjing yang tuli bisa bertahan hidup dengan sangat baik dan bergantung pada indera lainnya untuk memahami segala sesuatu. Akan tetapi, ada beberapa tantangan untuk anjing tuli karena masalah pendengaran mereka.”

Dia menambahkan, “Mereka seringkali menggonggong dan bisa cukup menjengkelkan, tapi Ellie sepertinya bisa mengatasi ini dengan cukup baik dengan membuat Ivor puas dan terstimulasi secara fisik dan mental.”

Ivor sendiri punya halaman Facebook yang mengabadikan petualangan-petualangannya. Halaman itu bernama Ivor the Deaf Dog. Dalam halaman itu, Anda juga bisa belajar lebih banyak soal organisasi seperti RSPCA dan organisasi sejenis.

“Ivor adalah anjing yang sangat ceria, brilian yang belajar bahasa isyarat dengan cepat dan dia suka untuk menyenangkan orang—ada banyak anjing yang seperti dia di luar sana yang berhak punya kesempatan lain dengan sebuah keluarga yang lain,” ujar Ellie.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge