0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Ternyata Uba Rampe Labuhan Lawu Banyak Dipesan, Ini Alasannya

Para abdi dalem Keraton Ngayogyakarta menyerahkan uba rampe labuhan ageng ke padepokan Nano, Tawangmangu (timlo.net/raymond)

Karanganyar — Para abdi dalem yang bertugas membawa uba rampe labuhan ageng ke puncak Gunung Lawu selain mengemban misi itu, juga membawa turun uba rampe yang selesai disemayamkan di lokasi itu pada upacara tahun lalu. Saat dibawa turun, ternyata sesaji itu sudah dipesan untuk keperluan tertentu.

“Sudah banyak yang memesan (uba rampe labuhan – Red). Entah itu iket, setagen dan sebagainya,” kata Abdi dalem yang bertugas menjadi juru kunci Gunung Lawu, Surono kepada Timlo.net, Senin (16/4).

Surono mengatakan tradisi labuhan dari Keraton Ngayogyakarta selalu dinanti warga Tawangmangu. Mereka meyakini uba rampe yang selesai disemayamkan di puncak Lawu membawa berkah tersendiri bagi pemilik barunya. Pada labuhan ageng tahun ini, enam orang akan naik ke puncak Lawu pada Selasa dini hari pukul 03.00 WIB membawa uba rampe berupa barang-barang pribadi Sri Sultan. Kemungkinan turun Selasa siang hari sambil membawa ubo rampe yang tahun lalu dibawa naik.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge