0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Nekat Lewat Ngasopuro, Sejumlah Bus Dirazia

Petugas merazia bus yang nekat melintas di Jl Diponegoro, Ngarsopuro, Solo (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo —┬áDinas Perhubungan (Dishub) Solo berkoordinasi dengan Satlantas Polresta Solo menggelar razia di ruas Jl Diponegoro, atau tepatnya di kawasan Ngarsopuro, Senin (16/4) siang. Razia tersebut menyasar sejumlah PO bus yang kedapatan melanggar trayek dengan menggunakan jalan yang tidak sesuai dengan rutenya.

“Razia ini kami lakukan berdasarkan keluhan masyarakat yang mengetahui penggunaan jalan yang bukan peruntukannya,” ungkap Kabid Lalulintas Dishub Solo, Ari Wibowo.

Dikatakan, sopir bus ini membebani jalan yang tidak seharusnya digunakan untuk bus. Hal ini bisa merusak jalan yang dilalui bus, sebab tonase yang tidak diperhitungkan.

Ari Wibowo mengatakan, alasan dari bus yang keluar dari rute tersebut adalah untuk mengejar waktu kedatangan di Terminal Tirtonadi Solo.

“Alasannya mengerjar waktu, tapi tidak bisa dibenarkan,” tegasnya.

Bus jurusan Wonogiri-Solo biasanya beroperasi di rute Gemblekan, Sraten, Jl Veteran, Jl Bhayangkara, Jl Rajiman, Jongke, Jl Agus salim, Jl Slamet Riyadi ke Jl Ahmad Yani. Namun saat ini rute yang ditempuh dari Gemblegan, menuju Jl Veteran kemudian ke Sraten, berlanjut ke Jl Gatot Subroto, Singosaren ke utara masuk ke Jl Diponegoro, hingga ke Terminal Tirtonadi.

“Kami juga sudah minta pihak Terminal Tirtonadi untuk melakukan pembinaan awal terkait pelanggaran ini. Sebagai tindakan awal, kita lakukan penindakan tilang, yang dilakukan oleh Satlantas Polresta Solo,” ujarnya.

Ditambahkan, pihaknya akan menyiagakan personel guna menghindari pelanggaran ini terjadi berulang.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge