0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Penasehat Hukum Raja Surakarta Bantah Keraton Serahkan Kios Pasar Cinderamata ke Pemkot

Kawasan Pasar Cinderamata, Alun-alun Utara Keraton Solo (dok.timlo.net/dhefi nugroho)

Solo — Penasehat hukum SISKS Pakubuwana XIII Hangabehi, KPA Ferry Firman Nurwahyu membantah bahwa Keraton Surakarta menyerahkan 43 kios pasar cinderamata kepada Pemerintah Kota Surakarta. Penyarahan yang dilakukan KGPHPA Tedjowulan 2 April lalu dipandang tidak sah karena melangkahi wewenang Hangabehi sebagai raja.

“Keraton tidak pernah menyerahkan kepada Pemkot,” kata Ferry, Minggu (15/4).

Ferry menyayangkan Pemkot yang malah berurusan dengan orang yang tidak berwenang. Kendati ditetapkan sebagai pendamping raja melalui Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri yang diterbitkan saat rekonsiliasi dua raja 2012 lalu, Tedjowulan tidak bisa bertindak atas kemauan sendiri.

“Tetap harus atas persetujuan raja. Kalau raja tidak setuju ya tidak bisa,” kata dia.

Tedjowulan menyerahkan kios tersebut kepada Pemkot awal April lalu. Penyerahan dilakukan melalui orang suruhannya, KP Bambang Pradotonagoro kepada Sekretaris Daerah Budi Yulistianto karena Tedjowulan sedang di luar kota. Meski telah diserahkan, Kepala Dinas Perdagangan, Subagyo mengatakan serah terima masih belum tuntas. Hangabehi selaku raja Keraton Surakarta belum membubuhkan tanda tangan pada dokumen serah terima.

“Tinggal menunggu tanda tangan Sinuhun,” kata Subagyo.

Kios-kios itu kedapatan mulai dibangun di lahan parkir Pasar Cinderamata sejak akhir Mei tahun lalu dengan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) atas nama Tedjowulan. Subagyo mengatakan kios-kios itu dibangun atas prakarsa para pedagang bermobil yang selama ini harus kucing-kucingan dengan petugas Dinas Perhubungan karena menggelar dagangan di dalam mobil di lahan parkir. Kios-kios itu dibangun dengan dana sebesar Rp 2 Miliar

“Mereka ingin punya kios. Yang membangun ya mereka sendiri,” kata dia saat tahap awal pembangunan kios.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge