0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Melihat Kemampuan Anjing K9 Sat-Sabhara Polresta Solo

Latihan anjing milik Unit K9 Sat-Sabhara Polresta Solo (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Unit K9 Satuan Sabhara (Sat-Sabhara) Polresta Solo selalu siap dalam mengungkap segala kasus kejahatan. Mulai dari penyelundupan narkotika, membongkar jaringan penyelundupan bahan peledak hingga antisipasi huru-hara.

Unit K9 Sat-Sabhara Polresta Solo memiliki lima anjing yang selalu siaga dalam menjalankan tugas. Anjing tersebut dipelihara di Kompleks Asrama Politik (Aspol) Manahan.

“Ada lima anjing yang kami pelihara di unit K9 Sat-Sabhara Polresta Solo,” terang pawang anjing K9, Brigadir Andika Pulung Mahardika saat ditemui Timlo.net, Jumat (13/4) siang.

Anjing yang menjadi aset K9 Polresta Solo, kata Andika, rata-rata berusia sekitar 1 tahun. Lima anjing tersebut juga diberi nama khusus yakni, Vito, Aroon, Bruno, Diva dan Xeon.

“Ada dua ras anjing yang kita miliki, Harder dan Rothweller,” jelas Andika.

Dijelaskan, anjing-anjing tersebut memiliki skills masing-masing. Mulai dari antisipasi huru-hara, pelacakan umum hingga menelusuri pelaku kasus kejahatan.

Untuk saat ini, Unit K9 sedang melatih anjing yang mereka miliki untuk mengendus narkotika, bahan peledak hingga melakukan pencarian korban.

“Saat ini kita tingkatkan kemampuan mereka. Dari lima anjing yang dimiliki, akan dispesifikkan dengan kemamampuan khusus yang mereka miliki,” katanya.

Terkait kesiagaan yang dimiliki oleh anjing K9, Andika mengaku, mereka siap bertugas kapan saja. Latihan ketat telah mereka lalui, sehingga siap mengemban tugas yang dibebankan.

“Seperti tugas pengamanan Piala Presiden kemarin. Seluruh anjing yang kita miliki disiagakan, baik siang hingga malam hari selama dua hari penuh,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge