0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Ini Kiat Memenangkan Lomba Desa

Tari Prajurit Raden Mas Said menyambut kedatangan tim penilai Lomba Desa tingkat Kabupaten Karanganyar (dok.timlo.net/raymond)

Karanganyar — Tiga desa yakni Desa Bolon, Kecamatan Colomadu, Desa Beruk (Kecamatan Jatiyoso), dan Desa Menjing (Jenawi) diikutkan kompetisi Lomba Desa tingkat Kabupaten Karanganyar. Tim penilai yang digawangi Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermasdes) menerjunkan petugasnya yang dibagi ke penilaian bidang pendidikan, kesehatan, pemberdayaan ekonomi, kemiskinan, trantibmas, swadaya dan pemerintahan. Seluruh aspek ini harus memiliki nilai lebih supaya mengungguli kontestan lain. 

“Di tiga desa ini, masing-masing harus memiliki nilai lebih. Karena yang dinilai itu sama. Desa-desa itu diusulkan kecamatan lalu kami seleksi dari seberapa bagus pencapaian pembangunannya di aspek kemandirian dan pembenahannya selama dua tahun terakhir,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermasdes) Karanganyar, Utomo Sidi Hidayat di Balai Desa Menjing, Kamis (12/4).

Utomo mengatakan, pencapaian tiga desa itu dalam pembangunan selama dua tahun terakhir dipantau berdasar kriteria yang ditentukan pemerintah pusat. Akselerasinya menjadi poin perhitungan penting.

Kepala Desa Menjing, Agus Sutrisno mengandalkan kiprah pemberdayaan ekonomi, dimana 12 UKM kuliner telah dirintis. “Home industry ini menjadi usaha sampingan kaum ibu rumah tangga. Ada keripik tales, pisang dan singkong. Tiap dukung ada UMKM-nya,” katanya.

Di desanya, BUMDes mulai menggarap wisata alami dan buatan, diantaranya air terjun Grenjengan, outbond Padas Malang dan kolam renang Selokerto.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge