0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Panwaslu Kembali Tertibkan APK, Ini Sasarannya

Petugaa gabungan melakukan penertiban APK di wilayah Laweyan (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Sejumlah Alat Peraga Kampanye (APK) ditertibkan oleh petugas gabungan dari Satpol PP dan Panwaslu Solo, Rabu (11/4) siang. Penertiban menyasar di lima kecamatan yang ada di Kota Solo.

“Kegiatan ini kembali kita gelar setelah pada awal Maret lalu dilakukan penertiban APK,” terang Divisi Penindakan Pelanggaran Panwaslu Kota Solo, Poppy Kusuma saat dihubungi Timlo.net.

Penertiban APK tahap II ini dilakukan lantaran masih banyaknya APK yang dipasang tidak sesuai dengan lokasi pemasangan. Sejumlah APK tersebut, dipasang oleh timses di pinggir jalan, fasilitas umum dan kawasan yang telah ditetapkan sebagai white area.

Berbeda dengan penertiban tahap I, untuk tahap ke II ini pihaknya menyasar lokasi perkampungan dan gang-gang sempit di lima Kecamatan Kota Solo.

Di Kecamatan Laweyan contohnya, petugas gabungan menurunkan empat baliho, sebelas spanduk, dan 53 bendera Parpol.

Sementara, Ketua Panwas Kecamatan Laweyan, Arif Nuryanto mengaku, kebanyakan APK yang ditertibkan baru saja dipasang sekitar beberapa minggu teeakhir.
“Ini APK baru saja dipasang, kemarin-kemarin belum ada,” terangnya.
Terpisah, Kabid Penegakan Perda Satpol PP Kota Solo,  Arif Darmawan mengatakan, penertiban sesuai dengan Perwali nomor 2 tahun 2009. Yakni tentang pemasangan alat peraga kampanye, yang artinya larangan semua atribut kampanye dipasang di lokasi terlarang (white area).
“Jika nantinya kembali melanggar ketentuan, maka APK akan ditertibkan lagi,” tegasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge