0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Ratusan Penyandang Disabilitas dapat Bantuan dari BPJS Ketenagakerjaan

Penyerahan bantuan kepada penyandang disabilitas (timlo.net/setyo pujis)

Solo — Badan Penyelanggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan melakukan program pemberdayaan kepada para penyandang disabilitas di Indonesia. Program pemberdayaan yang dilakukan bersama Aliansi Perempuan Disabilitas dan Lansia (APDL) tidak hanya memberikan sejumlah bantuan alat usaha dan alat gerak, tapi juga ketrampilan.

“Hari ini kami serahkan bantuan pelatihan, berupa bantuan alat gerak disabilitas, dan bantuan alat penunjang usaha kepada 535 penyandang disabilitas yang berasal dari seluruh Indonesia. Bantuan tahun 2018 ini merupakan yang terbesar dibanding bantuan pada tahun-tahun sebelumnya”, ujar Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto di Gedung Graha Saba Buana, Selasa (10/4).

BPJS Ketenagakerjaan, menurutnya akan selalu mengupayakan yang terbaik bagi seluruh pekerja Indonesia, termasuk para pekerja penyandang disabilitas.

Agus juga menjelaskan bahwa bantuan yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan, ada sekitar 30 jenis item yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang aktifitas ataupun pekerjaan para penyandang disabilitas. Diantaranya adalah peralatan seperti Laptop, Braile Text, kendaraan motor, peralatan tata boga, kamera, hingga prothesa dan peralatan elektronik.

Lebih lanjut, Agus menyampaikan, kegiatan serupa sebelumnya juga pernah dilaksanakan di wilayah Bali dan Bandung. Program pemberdayaan kepada penyandang disabilitas tersebut diakuinya sudah dilakukan sejak 2016, kemudian terus berlanjut sampai saat ini.

“Untuk kegiatan pelatihan tahun 2018 ini sudah dimulai pada awal April, kepada lebih dari 100 penyandang disabilitas di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Pelatihan yang kita berikan seperti tata boga, menjahit, elektronik hingga desain grafis. Semua agar para penyandang disabilitas dapat berkarya walaupun dengan keterbatasan yang ada,” terangnya.

Sementara itu, Ketua APDL, Sri Agustini J, menyampaikan sangat mengapresiasi program kepedulian yang dilakukan BPJS Ketenagakerjaan. Pasalnya, selama ini telah cukup banyak mendukung kegiatan untuk para penyandang disabilitas.

“Sejak tahun 2016, BPJS Ketenagakerjaan selalu konsisten mendukung pemberdayaan penyandang disabilitas. Tentunya hal ini patut diberi apresiasi yang tinggi karena memiliki peran yang penting dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan sosial,” ungkapnya.

Dengan perhatian yang diberikan kepada para penyandang disabilitas ini, diharapkan dapat menjadi pemicu semangat mereka untuk terus berkarya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge