0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Satelit Tertua Ini Masih Ada di Ruang Angkasa

Satelit the Vanguard 1. (indy100.com)

Timlo.net—Sekitar 60 tahun lalu, satelit the Vanguard 1 diluncurkan ke ruang angkasa. Satelit itu masih ada di ruang angkasa. Dengan demikian the Vanguard 1 menjadi satelit tertua buatan manusia yang diluncurkan ke ruang angkasa.

Satelit itu diluncurkan pada 17 Maret 1958. The Vanguard 1 tetap berada 600 km di atas Bumi bahkan saat baterainya mati, tulis Indy100.com. Satelit itu dibuat oleh Amerika Serikat melalui proyek yang disebut “Project Vanguard”. Proyek itu merupakan respon dari peluncuran satelit Sputnik 1 buatan Rusia pada 4 Oktober 1957. Satelit the Vanguard 1 terlihat seperti bundaran alumunium kecil dengan enam antena. Pemimpin Soviet kala itu, Nikita Krushchev menyebutnya satelit grapefruit karena ukurannya yang kecil.

Sebenarnya sebelum the Vanguard 1, ada dua satelit lainnya yang diluncurkan. Rusia meluncurkan Sputnik 1. Sedangkan AS meluncurkan the Explorer 1. Tapi keduanya sudah memasuki kembali atmosfir Bumi dan terbakar.

Vanguard 1 adalah satelit pertama yang memakai tenaga surya. Satelit itu tidak mengirim informasi ruang angkasa ke Bumi. Selain itu obyek ini juga dianggap sebagai sampah ruang angkasa. Vanguard 1 tidak pernah bertabrakan dengan satelit lain. Hal ini karena orbitnya lebih tinggi dari satelit-satelit modern.

Perusahaan milik Elon Musk, SpaceX berencana mengembangkan pemanfaatan ruang angkasa. Salah satu caranya adalah dengan meluncurkan jaringan yang terdiri dari 7500 satelit atau lebih ke ruang angkasa. Ribuan satelit itu akan digunakan untuk mengantarkan internet broadband.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge