0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Apple Dituntut Karena Sensor Detak Jantung Apple Watch

apple watch
Apple Watch. (Ubergizmo.)

Timlo.net—Apple dituntut oleh startup dari Michigan, Amerika Serikat (AS) karena monitor detak jantung yang ada pada Apple Watch. Startup itu bernama Omni MedSci, berfokus pada teknologi laser near-infrared. Mereka menuduh Apple sengaja melanggar hak cipta untuk teknologi detak jantung yang ada pada Apple Watch. Oleh karena itu Omni melayangkan tuntutan hukum, tulis Phone Arena.

Menurut startup itu, Apple dan Omni MedSci awalnya terlibat dalam pembicaraan kerja sama. Pembicaraan itu terjadi antara 2014 hingga 2016, bersamaan dengan pengembangan model Apple Watch generasi pertama dan seri 1 serta kedua.

Keduanya kala itu menjajaki kemungkinan kemitraan timbal balik. Tapi Apple pada akhirnya memutuskan tidak meneruskan pembicaraan itu. Tapi setelah itu, Omni menuduh jika perusahaan itu memakai salah satu dari tiga teknologi yang mereka patenkan.

Omni menuntut Apple dan meminta ganti rugi dan memperoleh perintah pengadilan melawan produk Apple. Yang menarik, Apple sepertinya akan mengalami perlawanan yang serius jika mereka ingin menang. Tuntutan Omni dilayangkan di distrik timur Texas. Wilayah itu dikenal menanggapi tuntutan hak paten dengan sangat serius. Selain itu, Omni MedSci dimiliki oleh Mohammed Islam. Dia memiliki enam perusahaan dan 150 hak paten.

Apple belum membuat pernyataan resmi terkait kasus ini. Tapi hingga putusan akhir diraih, kemungkinan perusahaan itu akan menjalankan bisnisnya seperti biasa. Fokus mereka saat ini mengembangkan Apple Watch generasi berikutnya. Apple Watch Series 4 dikatakan akan memiliki layar yang lebih besar dan sensor kesehatan baru yang lebih baik. Termasuk juga monitor detak jantung baru.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge