0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Kreatif, Pemukiman Padat Disulap Jadi Kampung Ceria

(foto: Heru Murdhani)

Solo – Kampung kreatif dengan hiasan cat warna-warni dan karya mural belakangan kian marak di Kota Bengawan. Hal ini seakan kian mempertegas posisi kota Solo sebagai salah satu jejaring kota kreatif di Indonesia.

Seperti halnya yang dilakukan oleh warga kampung Gandekan Solo. Kampung padat penduduk ini diubah menjadi kampung ceria warna-warni.

“Awalnya, Desember 2017 lalu, pemkot melakukan program antisipasi banjir dan pembangunan resapan air yang ada di kampung. Lalu saya iseng warnai jalan depan rumah, ternyata warga jadi tertarik,” jelas Widi Andrianto, pemrakarsa kampung ceria Gandekan, Sabtu (7/4).

Warga Kampung Kebonan RT/RW 04/06 Kelurahan Gandekan ini mengatakan sejumlah tetangga mulai mengikuti apa yang dirinya lakukan setelah melihat hasil pewarnaan jalan tersebut.

“Saat ini, ada lima RT yang masuk dalam program pemberdayaan kampung itu, antara lain RT 1, 2, 3, 4 dan 5,” kata dia.

Ketua RT 04 Kelurahan Gandekan, Jebres, Bilowo Tri Setyo Prastowo mengungkapkan bahwa segala kebutuhan mempercantik kampung tersebut dilakukan secara swadaya. Menurutnya saat ini warga mulai melirik tembok kosong untuk digambar dan diwarnai.

“Dampaknya banyak, menjelang malam anak muda yang biasanya menghabiskan waktu dengan mengobrol, lebih memilih mengecat jalanan kampung yang belum selesai. Efeknya kampung juga makin aman,” beber dia.

Keberadaan kampung ceria ini diharapkan mampu mendatangkan dampak yang baik bagi industri wisata di kampung tersebut.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge