0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Segera Direnovasi, Masjid Balaikota Dibangun Dua Lantai

Balaikota Surakarta
Balaikota Surakarta (Balaikota Surakarta)

Solo — Masjid Baitul Hikmah yang berada di dalam kompleks Balaikota Solo akan direnovasi. Masjid itu awalnya dibangun untuk memenuhi kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Solo. Namun tak jarang masyarakat sekitar ikut melaksankan ibadah di sana, khususnya Shalat Jumat.

“Sebenarnya rencana renovasi masjid sudah diwacanakan sejak beberapa tahun yang lalu. Tapi anggarannya baru tersedia tahun ini,” kata Takmir Masjid Baitul Hikmah, Bambang Harjanto, Rabu (4/4).

Menurut Bambang, kapasitas masjid tersebut pada dasarnya masih cukup untuk menampung jamaah shalat lima waktu. Namun setiap shalat Jumat, jamaah meluber hingga ke jalan setapak dan halaman depan masjid.

Wakil Walikota Solo, Achmad Purnomo mengatakan setelah direnovasi, Masjid Baitul Hikmah bakal mampu menampung 500 jamaah.

“Nanti kita bangun dua lantai. Kita tidak mungkin melakukan perluasan karena lahannya terbatas,” kata dia.

Ia menambahkan renovasi masjid diharapkan dapat segera dimulai karena Detailed Engineering Design (DED) masjid sudah selesai disusun. Tak hanya meningkatkan daya tampung, tampilan masjid pun diubah agar senada dengan karakteristik wajah baru Balaikota yang menerapkan konsep Jawa Klasik.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge