0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Spaghetti dan Makaroni Bantu Turunkan Berat Badan

Pasta. (budgetbytes.com)

Timlo.net—Sebuah penelitian baru menyimpulkan jika mengkonsumsi pasta bisa menolong orang menurunkan berat badan. Makan lebih dari tiga saji pasta setiap tujuh hari bisa membuat orang turun berat badan 0,5 kg dalam 12 minggu.

Pasta seperti spaghetti dan makaroni berbeda dengan sumber karbohidrat lainnya. Pasta punya indeks GI yang lebih rendah. Oleh karena itu tidak menyebabkan kenaikan gula darah yang ekstrim, ujar para peneliti dilansir dari Daily Mail.

Penelitian sebelumnya menyatakan jika makanan rendah GI lebih mengenyangkan. Oleh karena itu orang makan lebih sedikit karena mereka tidak mudah lapar. Pemimpin penelitian terbaru ini, Dr. John Sievenpiper dari St. Michael’s Hospital di Toronto, Kanada berkata, “Dalam menimbang bukti yang ada, kami bisa sekarang berkata dengan keyakinan jika pasta tidak memiliki efek merugikan dalam hal berat badan saat dikonsumsi sebagai bagian dari pola diet sehat.”

“Penelitian menemukan jika pasta tidak menimbulkan penambahan berat badan atau peningkatan lemak tubuh. Berlawanan dengan anggapan selama ini, mungkin pasta bisa menjadi bagian dari diet sehat seperti diet rendah GI,” tambahnya.

Para peneliti menganalisa 2.448 orang dari 29 penelitian. Para peserta makan 3,3 saji pasta setiap minggunya. Satu saji pasta biasanya sebanyak 56,6 gram pasta mentah. Penelitian ini diterbitkan dalam jurnal BMJ Open.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge