0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Triwulan Pertama, BTN Salurkan Rp 15 Miliar untuk KPR Subsidi

Pameran perumahan (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo – Realisasi pembiayaan kredit pemilikan rumah (KPR) subsidi yang sudah disalurkan oleh Bank Tabungan Negara (BTN) Solo pada triwulan pertama tercatat menembus belasan miliar Rupiah. Dari total nasabah yang mengajukan pembiayaan itu, masyarakat umum atau pekerja swasta dianggap lebih mendominasi jika dibanding pengajuan yang dilakukan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Hingga triwulan pertama kemarin, tercatat total pembiayaan KPR untuk rumah subsidi sudah mencapai sekitar Rp 15 Miliar,” ujar Pimpinan Cabang BTN Solo, Dwihatmo Ari Sumasto, kepada wartawan, Selasa (3/4).

Jumlah pembiayaan yang disalurkan untuk rumah subsidi tersebut rata-rata dengan nominal Rp 100 juta. Untuk wilayah Soloraya, disebutkan dia penyaluran KPR subsidi  lebih banyak untuk pembiayan di daerah Sukoharjo, Sragen, Karanganyar dan Boyolali. Sedangkan untuk Wonogiri dan Klaten dianggap cukup stagnan.

“Untuk wilayah di Soloraya yang paling kecil itu Solo. Soalnya harga tanah sudah terlalu mahal, sehingga tidak memungkinkan untuk pembangunan rumah subsidi,” jelasnya.

Sementara itu terkait dengan penghentian Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan (Bapetarum) yang biasa digunakan untuk pembiayaan perumahan bagi kalangan ASN, menurutnya tidak menjadi persoalan. Pasalnya, pemerintah sudah menyiapkan penggantinya dengan konsep yang sama yaitu dengan nama Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera).

“BP Tapera itu konsepnya sama dengan Bapertarum, hanya casingnya saja yang beda. Jadi kedepan meski sudah tidak ada Bapertarum, para ASN masih bisa memanfaatkan pembiayaan perumahan dengan lembaga yang baru tersebut,” jelasnya.

Pihaknya menambahkan, dari keseluruhan nasabah yang mengajukan KPR untuk rumah subsidi, untuk kalangan ASN selama ini dianggap memberikan kontribusi paling kecil atau sekitar 20 persen. Sementara sisanya didominasi dari masyarakat umum.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge