0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Demo Kenaikan BBM, Mahasiswa Berusaha Blokir Jalan Jenderal Sudirman

Aksi saling dorong mewarnai demonstasi menolak kenaikan BBM di depan Balaikota Solo (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Demonstrasi yang digelar Forum Bersama (Forbes) Eksternal Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UNS di depan Pintu Gerbang Balaikota Solo, Senin (4/2) siang diwarnai aksi saling dorong antara demonstran dengan polisi. Aksi saling dorong tersebut dipicu ulah mahasiswa hendak memblokir Jalan Jenderal Sudirman dengan membentuk lingkaran sehingga menutup sebagian badan jalan.

Sejak awal, mahasiswa menggelar aksi dengan membentuk lingkaran di depan pintu gerbang Balaikota Solo. Sebagian mahasiswa berdiri di badan jalan Jenderal Sudirman sehingga lalu lintas di dipan Balaikota Solo sedikit terhambat. Setelah hampi satu jam berorasi, mahasiswa yang berada di tengah memberi komando untuk melebarkan lingkaran. Sontak, seluruh peserta aksi mengikuti insturksi tersebut.

“Melebarnya ke sini,” kata salah satu peserta aksi yang berada di barisan sambil menarik rekan-rekannya ke arah Jalan Jenderal Sudirman

Kurang dari satu menit, lingkaran tersebut menutup total Jalan Jenderal Sudirman. Melihat perkembangan situasi, Wakil Kepala Polresta Surakarta, Andi Rifai mengomando personelnya untuk mengendalikan situasi.

“Jangan sampai menutup jalan,” kata dia melalui radio.

Aksi saling dorong pun tak terhindarkan. Beberapa mahasiswa bahkan sempat terlibat adu mulut dengan salah satu Polwan yang menjaga Jalan Jenderal Sudirman agar tetap bisa dilalui kendaraan bermotor.

Situasi semakin sulit dikendalikan. Sementara kendaraan dari arah Gladag terus menumpuk karena tertutup barisan mahsiswa. Polisi bertindak cepat dengan membuka separator jalan yang memisahkan dua jalur di jalan tersebut. Kendraaan yang melintas pun akhirnya bisa menghindaru kerumunan demonstran.

“Bagi pengguna jalan, kami mohon maaf perjalanan Anda terganggu karena ada aksi dari adik-adik mahasiswa. Tidak ada penutupan jalan. Yang ada memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk menyampaikan aspirasi,” kata salah satu polisi melalui mobil Kamtibmas.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge