0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Negara Bagian di Amerika Uji Program SIM Digital

SIM Digital. (techspot.com)

Timlo.net—Berbagai perusahaan teknologi sekarang menggarap konsep teknologi streamlining. Maksudnya mereka menciptakan sebuah perangkat yang serba guna. Contohnya smartphone yang bisa memainkan musik, mengakses internet, berkomunikasi. Bahkan berfungsi sebagai kartu kredit dan kartu keanggotaan. Dengan demikian, kita tidak perlu lagi memakai berbagai perangkat berbeda.

Sepertinya negara bagian Delaware di Amerika Serikat (AS) ingin mengadopasi konsep serupa. Mereka merilis sebuah program percontohan di mana surat izin mengemudi (SIM) diubah ke dalam format digital. Informasi SIM bisa dipindah ke dalam smartphone. Para pengemudi tidak perlu membawa kartu SIM fisik lagi, hanya smartphone mereka.

Kartu SIM fisik bisa hilang dan dicuri. Dengan adanya kartu SIM digital ini, kemungkinan itu bisa dhindari. Walaupun ada kemungkinan smartphone kita hilang dan dicuri, tulis Ubergizmo baru-baru ini. Manfaat lainnya adalah keamanan karena smartphone didesain supaya aman. Dengan demikian kartu SIM digital ini hanya bisa dilihat oleh sang empunya dan pihak penegak hukum. Hal ini berbeda dengan kartu fisik yang bisa dilihat siapa saja.

Tujuan program percontohan ini untuk melihat apakah smartphone cukup aman untuk konsep ini. Hal ini karena tidak semua smartphone diciptakan sama. Smartphone canggih biasanya memiliki fitur keamanan yang lebih, misalnya iris scanning atau facial recognition. Delaware bukanlah satu-satunya negara bagian dengan konsep ini. Beberapa tahun lalu, Iowa juga memutuskan memakai program serupa.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge