0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Ini Sejarah Mistis Angka 13 yang Ditakuti Orang

Angka 13. (history.com )

Timlo.net—Ada banyak ketakutan yang masuk akal sekalipun kita tidak mengalaminya. Misalnya takut laba-laba, ketinggian dan badut menyeramkan. Tapi ada juga ketakutan yang terkesan tidak masuk akal. Misalnya takut dengan angka 13. Beberapa gedung bangunan sengaja tidak menamai lantai ke-13 sebagai lantai ke-13. Ada banyak pasangan yang tidak mau menikah pada tanggal 13. Selain itu ada banyak film horor tentang angka 13.

Ternyata secara psikologis, ada istilah untuk ketakutan terhadap angka 13 yaitu triskaidekaphobia. Fobia jenis ini adalah fobia yang langka. Tapi sekitar 9 hingga 10 orang Amerika mengalami fobia ini. Kira-kira kenapa angka ini dianggap menakutkan atau dianggap sebagai angka mistis? Para ahli sejarah tidak bisa menemukan alasan pasti. Tapi mereka mengajukan beberapa kemungkinan.

Teori paling populer soal nilai mistis angka ini adalah dari Alkitab. Ada 13 orang yang hadir dalam Perjamuan Terakhir yang diadakan Yesus. Orang ke-13 yang hadir adalah Yudas Iskariot yang mengkhianati Yesus.

Dalam mitologi Norwegia, meja untuk 13 orang juga dianggap membawa kesialan. Menurut salah satu mitos di sana, 12 dewa utama makan malam bersama dengan damai. Sampai dewa kenakalan Loki muncul. Begitu tamu ke-13 muncul, kekacauan dan perkelahian terjadi. Takhyul meja untuk 13 orang juga dibahas dalam novel Harry Potter, tulis Reader’s Digest.

Menurut para ilmuwan dan ahli matematika, angka 13 terlihat buruk karena dekat dengan angka 12. Menurut banyak budaya kuno, 12 dianggap sebagai angka sempurna. Ada banyak peradaban memakai nomor 12 untuk sistem waktu. Misalnya ada 12 bulan setahun, 12 jam pada sebuah jam, 12 zodiak. Angka itu juga merupakan angka terbesar dalam Bahasa Inggris yang hanya punya satu syllable. Angka setelah 12, terlihat cacat sehingga memicu mitos-mitos ini.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge