0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

UNIBA Solo Usul Buka 4 Prodi Baru

Rektor UNIBA Surakarta, Dr Pramono Hadi SP MSi (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Tahun akademik 2018/2019, Universitas Islam Batik (UNIBA) Solo mengusulkan kepada Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti akan membuka empat Program Studi (Prodi) baru. Prodi yang sudah diusulkan adalah Prodi Teknik Informatika dan Teknik Perbatikan. Sedang Prodi yang akan diusulkan adalah Teknik Sipil dan Farmasi.

“Target kami untuk memenuhi standar minimal universitas, bahwa harus 60 persen Prodi eksakta dan 40 persen noneksak,” ungkap Rektor UNIBA Solo Dr Pramono Hadi SP MSi kepada Timlo.net, di ruang kerjanya, Jumat (23/3).

Pramono mengemukakann, hingga saat ini UNIBA memiliki Fakultas Pertanian dengan tiga Prodi, yakni Prodi Peternakan, Agrobisnis dan Agroteknologi; Fakultas Hukum dengan Prodi Ilmu Hukum; Fakultas Ekonomi, yakni Prodi Akuntansi dan Manajemen; Fakultas Teknik.

“Saat ini UNIBA berakreditasi institusi B. Itu berlaku hingga tahun 2021,” jelas Rektor UNIBA.

Dijelaskan, hingga saat ini UNIBA memiliki total 2.361 mahasiswa. Diharapkan setiap angkatan bertambah 1.000 mahasiswa.

“Ke depan adanya penambahan program studi tentu diharapkan ada penambahan jumlah mahasiswa. Terutama dengan diusulkan pembukaan Prodi Teknik Perbatikan diharapkan selain menjadi daya tarik UNIBA sebagai ciri khas, juga mahasiswa bisa melonjak,” kata Pramono.

Diakui, hingga saat ini sumberdaya dosen bergelar doktor memang masih rendah sekitar 10 persen. Meskipun demikian, masing-masing program studi memiliki minimal dua doktor.

“Dua tahun lagi, kami menargetkan jumlah dosen bergelar doktor mencapai 50 persen. Oleh karena itu, saat ini sedang mendorong dosen-dosen untuk studi Strata Tiga baik di dalam maupun luar negeri,” jelasnya

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge