0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pemkab Bandung Fasilitasi UMKM Lebarkan Pasar ke Solo

Produk unggulan pelaku UMKM Pemkab Bandung saat dipamerkan di kantor Dinkop dan UMKM Solo (foto: Setyo Pujis)

Solo — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung lakukan penjajakan kerjasama atau kontak dagang dengan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Solo. Melalui kontak dagang tersebut diharapkan dapat memfasilitasi para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dari masing-masing daerah untuk dapat saling berkolaborasi, dalam upaya pengembangan usaha.

“Kota Solo ini kalau saya melihat potensi pasarnya cukup bagus. Karena sering menjadi tujuan wisatawan baik lokal maupun Internasional, ” ujar Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan usaha mikro Dinkop dan UMKM Kab Bandung, Usman Karyana kepada wartawan, Kamis (22/3).

Oleh karena itu, Pemkab Bandung ingin melakukan penjajakan pasar di Solo. Dengan tujuan dapat mendorong pertumbuhan pasar dari para pelaku UMKM di daerahnya.

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga membawa puluhan produk unggulan milik pelaku UMKM. Seperti sepatu, handicraft, kuliner dan lainnya.

Menurutnya, jika produk yang dipromosikan itu mendapatkan pasar dan menarik para buyer di Solo, penjajakan kerjasama yang dilakukan itu dapat berlanjut. Namun demikian, semua keputusan kerjasama itu diserahkan kepada masing-masing pelaku usaha.

“Harapan kita setelah adanya kontak dagang ini bisa memfasilitasi kerjasama secara bisnis to bisnis antar masing-masing pelaku usaha,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Dinkop dan UMKM Kota Solo, Nur Haryani menyampaikan, kontak dagang atau penjajakan kerjasama dengan daerah lain merupakan salah satu upaya untuk mendorong pertumbuhan pelaku UMKM. Selain dengan Pemkab Bandung, kerjasama serupa juga pernah dilakukan dengan daerah lain seperti Sidoarjo Jawa Timur.

“Karena di era globalisasi seperti sekarang ini jika pola pengembangan usaha yang dilakukan para pelaku UMKM masih bersifat kompetisi tentu sangat berat. Seharusnya mereka bisa saling kolaborasi, supaya bisa memperkuat satu sama lain,” jelasnya.

Dari pengamatan yang dilakukan, potensi kerjasama yang bisa dilakukan dengan pelaku usaha yang ada di Pemkab Bandung cukup beragam. Seperti kain, packaging barang dan lainnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge