0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Weleh, Ternyata 3 Tersangka Pengedar Uang Palsu Satu Keluarga

Salah satu tersangka pengedar uang palsu, Sujintoro (51) warga Dukuh Jimbar Kulon RT 1, Desa Guworejo, Kecamatan Karangmalang, Sragen. diamankan polisi (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen — Tiga tersangka pengedar uang palsu (Upal) yang sekarang ditahan di Polres Sragen ternyata adalah satu keluarga. Mereka terdiri dari ayah dan kedua putrinya.

“Memang benar mereka, ketiga palaku ini masih hubungan keluarga, bapak dan anak,” kata Kapolres Sragen AKBP Arif Budiman, Kamis (22/3).

Ketiga pelaku yang sekarang ditahan di Mapolres, Sujintoro (51) warga Dukuh Jimbar Kulon RT 1, Desa Guworejo, Kecamatan Karangmalang, Sragen, merupakan ayah dari kedua tersangka lainnya, yakni Hartatik (30), yang berdomisili di Dukuh Banaran RT 1, Desa Sriwedari, Karanganyar, Ngawi Jatim dan Yunna (20), warga Dukuh Jimbar Kulon RT 1, Desa Guworejo, Kecamatan Karangmalang, Sragen.

AKBP Arif Budiman mengungkapkan, pembongkaran sindikat itu berawal dari penangkapan dua tersangka yakni Tatik dan Yunna saat beraksi di wilayah Sukodono, Rabu (21/3) pagi sekitar pukul 09.15 WIB.

Awalnya, Polsek Sukodono menerima laporan melalui telepon dari warga, bahwa di Pasar Jatitengah ada seseorang yang diduga mengedarkan uang palsu. Laporan langsung ditindaklanjuti oleh tim dan setelah diperiksa, ternyata benar bahwa kedua tersangka memang mengedarkan uang yang diduga palsu.

Dari penangkapan keduanya, akhirnya dilakukan pengembangan untuk mengusut pemasoknya. Kemudian tim Reskrim berhasil menangkap satu tersangka lagi yang ternyata adalah orangtua Yunna dan Tatik, yakni Sujintoro.

Ironisnya, istri dari Sujintoro atau ibu dari Yunna dan Tatik, juga diketahui sebagai residivis.

“Bapaknya ditangkap dari hasil pengembangan. Ibunya ternyata juga resedivis. Jadi memang pelakunya satu keluarga,” terang Kapolres.

Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, mereka bakal dijerat dengan Pasal 36 (3) UU RI NO 7/2011 tentang Mata Uang.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge