0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Dulu Dikenal Kumuh, Kini Ngledoksari Jadi Kampung Pelangi

Anak-anak Kampung Ngledoksari, Desa Karanggeneng, Kota, assik bermain di Taman Pelangi Ceria (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Ada pemandangan yang berbeda saat memasuki Kampung Ngledoksari, Karanggeneng, Boyolali setiap gang dicat warna warni dan terlihat sangat asri. Padahal, sebelumnya Kampung Ngledoksari dikenal sebagai kampung kumuh.

“Tahun 1990-an di sini sangat kumuh sekali, banyak kandang babi, setelah itu ditinggali pemulung, kampung menjadi tambah kumuh,” kata Kepala Desa Karanggeneng, Suparji, Kamis (22/3).

Berubahnya Ngledoksari menjadi Kampung Pelangi setelah ada program Bantuan Dana Investasi (BDI) Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLBK) yang dikucurkan pemerintah pusat.

Penataaan Kampung Ngledoksari menelan anggaran Rp 500 juta dari Pemerintah Pusat. Anggaran tersebut digunakan untuk pembangunan talud dan MCK kamunal.

“Sekarang lebih asri, di sepanjang jalan kita tulisi petuah-petuah bijak, seperti untuk tetap menjaga lingkungan,” tambah Kades.

Kampung Pelangi langsung diresmikan oleh Wakil Bupati Boyolali Said Hidayat. Salah satu yang menjadi daya tarik Wabup adalah keberadaan taman bermain untuk anak-anak. Taman bermain tersebut kemudian diberi nama Taman Pelangi Ceria.

“Luar biasa, taman ini bisa dimanfaatkan untuk kegiatan bermain anak-anak,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge