0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Terkena Penyakit Langka, Kulit Balita Ini Melepuh

Balita berkulit melepuh butuh bantuan (timlo.net/raymond)

Karanganyar — Derita balita usia tiga tahun asal Dusun Karang Rt 02/Rw XV Desa Kaliboto, Mojogedang, Alfaruk Muhammad Zaki dirasakannya sejak dilahirkan. Kulit tubuhnya melepuh mirip tersiram air panas.

“Sehari usai dilahirkan, badan Zaki melepuh. Saya tanyakan ke bidan di RSUD Karanganyar tempatnya dilahirkan, tapi tidak ada jawaban maupun penanganan memuaskan. Katanya kukit sensitif,” kata Sutarmi, ibunda Zaki kepada wartawan di rumahnya, Rabu (21/3).

Zaki kini berusia 3,5 tahun. Sejak menderita penyakit kulit itu, ayah bundanya sudah berulangkali memeriksakan Zaki ke RSUD Karanganyar. Berkali-kali pula hanya diberi puyer dan obat luar. Sutarmi merasakan pedih tiap kali putra keduanya itu tak tahan menggaruk. Rasa gatal diredakan dengan menabur bedak ke permukaan kulitnya. Zaki sempat dirujuk perawatannya ke RSUD Moewardi Solo, namun tak membuahkan hasil.

“Didiagnosa menderita epidermolisis bulosa. Penyakit langka. Sangat sensitif kulitnya, terutama gesekan dan perubahan suhu udara,” katanya.

Kulit balita ini melepuh dan berair. Juga muncul bintil-bintil berair. Belum lama berobat jalan ke RSUD Moewardi, orangtua memutuskan kembali mempercayakan pengobtannya ke RSUD Karanganyar.

“Kembali ke dokter spesialis kulit di RSUD Karanganyar. Sebelumnya dirujuk ke RSUD Moewardi tapi ternyata tak ada efeknya,” katanya.

Keseharian balita itu bersama kakek neneknya. Ibunya memutuskan bekerja menjadi buruh din pabrik tekstil untuk membiayai pengobatan anaknya. Sedangkan bapaknya hanya kuli bangunan.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge