0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Ketemu Ketua DPR-RI, Rudy Minta Anggaran Pembangunan Pintu Air Demangan Disetujui

Solo — Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo menyambut kehadiran Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPRRI) Bambang Soesatyo  di Posko Beringin, Sampangan, Pasar Kliwon, Rabu (21/3). Kesempatan tersebut dimanfaatkan Rudy untuk meminta agar anggaran penggerseran Pintu Air Demangan disetujui.

“Pokoknya kalau paring-paring itu saya paling wasis, Pak (kalau meminta-minta itu saya paling pandai,” kelakar Rudy saat menyampaikan sambutannya.

Rudy menyampaikan rencana Pemkot Solo untuk memindah Pintu Air Demangan. Pemkot ingin membangun pintu air baru yang lokasinya lebih dekat ke arah hilir daripada Pintu Demangan. Sedangkan Pintu Demangan nantinya tidak akan difungsikan karena sudah uzur.

“Desainnya sudah siap dan sudah saya presentasikan ke Kementerian dan Komisi V DPR-RI. Saya mohon supaya disetujui di APBN 2019 besok supaya 2020 selesai,” kata Rudy.

Menurut Rudy, pintu air tersebut memegang peranan kunci keberhasilan pengendalian banjir di Solo. Pintu yang baru nantinya akan mengendalikan arus Kali Pepe dan Kali Jenes. Dua sungai tersebut sering meluap pada musim hujan menggenangi puluhan hunian di kanan kirinya.

“Penanganan banjir di Solo ini kurang sedikit. Tinggal menggeser Pintu Demangan saja. Kalau itu selesai, warga sudah tenang tidak takut kebanjiran lagi,” kata Rudy.

Ia menambahkan, rencana penggeseran Pintu Air Demangan sebenarnya sudah diusulkan sejak 6 tahun yang lalu. Usulan Pemkot hingga saat ini belum mendapat lampu hijau dari Pemerintah Pusat. Namun melihat perkembangan akhir-akhir ini, Rudy optimis usulannya akan disetujui tahun depan.

“Kemarin dari Komisi V sudah berkunjung ke sini. Semua perwakilan fraksi ada dan sudah melihat langsung kondisinya. Seharusnya besok disetujui,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge