0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Gara-Gara Skandal Ini, Saham Facebook Turun 9%

Facebook. (ubergizmo. com)

Timlo.net—Harga saham Facebook turun dari $ 185,09 menjadi $ 168, 15 pada Rabu (21/3). Hal ini berarti terjadi penurunan 9% sejak akhir pekan lalu. Penurunan ini terjadi setelah skandal antara Facebook dan perusahaan analisa data Inggris, Cambridge Analytica muncul. Perusahaan itu dituduh mengumpulkan data pribadi pengguna Facebook tanpa seizin mereka.

Sebelumnya, Cambridge Analytica dituduh membantu kampanye Donald memenangkan kampanye pemilu. Perusahaan itu juga dituduh membantu pihak Brexit menang. Tim berita dari stasiun TV di Inggris, Channel 4 mengirim seorang wartawan untuk menyamar. Dia bertemu dengan jajaran pimpinan Cambridge Analytica termasuk sang bos Alexander Nix. Sang reporter menyamar sebagai orang Sri Lanka yang ingin memanipulasi jalannya sebuah pemilihan.

Alexander diberitakan terekam kamera berkata jika dia bisa menyebarkan hoax terkait lawan politik. Misalnya sang lawan politik bertemu dengan pelacur Ukraina atau melakukan penyuapan. Begitu berita ini menyebar, Cambridge Analytica membantah pernah mengatakan hal ini.

Facebook sendiri ikut terseret dalam skandal ini. Christopher Wylie, mantan pegawai Cambridge Analytica membeberkan keterlibatan jejaring sosial itu dalam skandal ini, tulis The Motley Fool. Pada 2014, sebuah kuis online digelar untuk mengumpulkan data terkait jenis kepribadian pengguna Facebook. Kuis itu diciptakan oleh Aleksandr Kogan.

Kuis itu rupanya didesain untuk mengambil data pribadi pengguna Facebook juga data teman mereka. Christopher mengungkapkan kuis itu dilakukan terhadap 270 ribu pengguna Facebook. Saat ratusan ribu orang itu mengikuti kuis itu, data 50 juta pengguna sosial media itu diambil tanpa sepengetahuan mereka. Data itu diduga dijual kepada Cambridge Analytica. Data itu digunakan untuk memasang iklan tertarget kepada para pengguna. Isi iklan itu berupa pesan pro Trump.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge