0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Partisipasi Pria di Program KB Minim

Logo Keluarga Berencana ()

Solo — Kepedulian pria terhadap program Keluarga Berencana dinilai masih rendah. Hal itu tercermin dari minimnya partisipasi kaum hawa dalam program tersebut. Saat sosialisasi program KB serentak di lima kecamatan di Solo, Selasa (20/3) misalnya. Jumlah peserta pria dapat dihitung dengan jari.

“Memang ini masih menjadi pekerjaan rumah yang berat untuk kita,” kata Kepala Bidang  Bidang KB Dinas Pengendalian Penduiduk dan KB (DPPKB) Solo, Endah WP saat ditemui wartawan di sela acara.

Menurut Endah, minimnya perhatian pria terhadap program KB sangat disayangkan. Bahkan dapat berdampak pada kesuksesan program nasional yang sedang gencar dikampanyekan Pemerintah itu. Peran pria, bisa dibilang sama pentingnya dengan wanita.

“Keputusan untuk KB masih didominiasi oleh ibu-ibu. Bapak-bapak kurang perhatian,” kata dia.

Pemkot sendiri sudah lama menyadari minimnya perhatian pria terhadap program pembatasan kelahiran itu. Karena itulah, Pemkot akhir-akhir ini gencar mengadakan sosialisasi KB kepada kaum adam melalui rapat-rapat RT. Namun sayang, hasilnya kurang memuaskan.

“Baru 35 orang yang ikut program KB,” kata dia.

Ke depan, Pemkot akan terus mengupayakan peningkatan partisipasi pria dalam program tersebut. Termasuk di antaranya dengan menggandeng berbagai organisasi masyarakat maupun lembaga-lembaga pemerintah yang langsung bersentuhan dengan warga seperti RT hingga kelurahan.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge