0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Nimbus Data Rilis SSD Kapasitas 100 TB

Nimbus Exadrive DC100. (ubergizmo.com)

Timlo.net—Bulan lalu, Samsung mengumumkan jika mereka telah memproduksi massal hard disk SSD berkapasitas 30 TB. Saat itu, hard disk tersebut bisa dikatakan sebagai hard disk dengan kapasitas terbesar di dunia. Jika Anda masih tidak puas, Nimbus Data punya hard disk lainnya. Baru-baru ini perusahaan itu merilis SSD berkapasitas 100 TB.

SSD itu bernama ExaDrive DC100. Dengan demikian, hard disk ini mengalahkan produk Samsung dalam segi kapasitas. SSD ini dibuat dari 3D NAND flash. Hal ini mengizinkan perusahaan memuat semua data ke dalam piringan disk sebesar 3,5 inci. Anda bisa menggunakan SSD ini sebagai hard disk untuk komputer atau server.

Selain kapasitas penyimpanan yang besar, Nimbus juga menyatakan jike ExaDrive DC100 merupakan SSD yang efisien secara energi. SSD ini memerlukan energi 0,1 Watts per TB. Berarti produk ini mengkonsumsi energi 80-90 persen lebih rendah dibandingkan kompetitor, tulis Ubergizmo.

“Rilis perangkat flash berkapasitas tinggi yang sepenuhnya kompatibel dengan faktor bentuk HDD membuka peluang untuk mengubah platform data besar dengan cepat sembari di sisi lain mengembangkan realibilitas, mengurangi perlunya perangkat tambahan, meningkatkan mobilitas data, dan mengurangi TCO dari platform penyimpanan skala multi-PB. Perangkat-perangkat sekelas ini akan mengizinkan flash untuk memasuki pasar lain dengan biaya yang lebih efektif,” ujar Eric Burgener, research vice president Storage dari IDC. Harga dan ketersediaan SSD ini belum diungkap.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge