0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Lanud Adi Soemarmo Berpeluang Naik Jadi Kelas A

(Aktivitas pendidikan militer di Lanud Adi Soemarmo | Ari Kristyono)

Colomadu – Pangkalan TNI AU Adi Soemarmo diwacanakan naik peringkat dari Lanud kelas B menjadi kelas A. Peluang itu cukup besar, meski dalam tradisi TNI AU, Lanud kelas A selama ini hanya untuk pangkalan yang memiliki skuadron pesawat militer.

“Saat ini kemungkinan itu sedang dibicarakan. Ada beberapa alasan mengapa Lanud Adi Sumarmo bisa jadi kelas A, meski kami tidak menjadi basis pesawat militer. Karena posisi dan peran Lanud di Solo ini semakin penting dan strategis,” tutur Komandan Lanud Kolonel Pnb Indan Gilang Buldansyah, dalam acara press gathering di markasnya, Senin (19/3)

Indan yang belum lama dilantik memaparkan, posisi Lanud Adi Sumarmo saat ini adalah sebagai pangkalan pendidikan yang mencetak dan membentuk prajurit TNI AU dari berbagai kecabangan dan matra. Selain itu, juga sebagai pangkalan yang harus selalu siap untuk mendukung operasi militer baik perang maupun nonperang.

“Kami punya landasan sepanjang 3.200 meter dan bisa didarati pesawat berbodi lebar. Di Pulau Jawa ini yang punya landasan seperti itu tidak banyak, hanya Lanud Halim (Jakarta) dan Iswahyudi (Madiun). Di sekitar sini juga ada markas TNI AD, Kopassus dan Kostrad. Jadi Lanud Adi Soemarmo harus selalu siap untuk menjadi pangkalan aju, ketika ada mobilisasi pasukan baik untuk misi perang atau damai,” ujarnya.

Alasan faktual lainnya, Solo saat ini juga menjadi gerbang VVIP, karena Presiden Joko Widodo sering menggunakan Lanud Adi Soemarmo untuk pulang ke Solo, maupun dari Solo ke berbagai tujuan.

Berbagai fasilitas penunjang sudah dimiliki untuk semua peran tersebut. Lanud Adi Soemarmo memiliki lebih dari 1.000 personel, di atas rata-rata kekuatan Lanud lainnya, serta lahan seluas 3 juta meter persegi.

“Jadi sekarang ini ada perubahan cara pandang. Kalau dulu Lanud kelas A cuma yang jadi kandang pesawat militer. Tapi sekarang ada peran-peran lain yang juga diperhitungkan. Cuma kapan ini akan direalisasi, belum ada informasi,” kata Indan.

Jika berubah menjadi kelas A, Lanud Adi Soemarmo akan dipimpin oleh seorang perwira tinggi, Marsekal Pertama.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge